Sukses

Evakuasi Pesawat Latih Mendarat di Area Sidoarjo Pakai Bantuan Perahu Masyarakat

Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin menuturkan, evakuasi itu dilakukan dengan melibatkan 30 orang personel dan dibantu masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Personel Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) akan investigasi penyebab pendaratan darurat pesawat latih jenis Tobago di areal pertambakan wilayah Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur pada Senin, 3 Februari 2020. Investigasi itu usai evakuasi badan pesawat latih jenis Tobago tersebut.

Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin menuturkan, evakuasi pesawat itu dilakukan dengan melibatkan 30 orang personel dan dibantu masyarakat.

"Bagian-bagian pesawat itu dipisah-pisah untuk memudahkan proses evakuasi," ujar Laksma Edwin seperti dikutip Antara, Selasa (4/2/2020).

Ia mengatakan, setelah pesawat itu berhasil dipisah-pisah, selanjutnya akan dibawa menggunakan perahu dan dievakuasi ke markas Puspenerbal.

"Dari situ kami akan melihat proses investigasi penyebab terjadinya peristiwa itu," kata dia.

Ia meyakinkan, jika proses evakuasi pesawat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala berarti, karena mendapatkan bantuan dari masyarakat.

"Kami menggunakan perahu milik kami dan juga perahu masyarakat setempat," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mendarat Darurat

Sebuah pesawat latih TNI AL jenis Tobago mendarat darurat di areal pertambakan yang ada di sekitar wilayah Kecamatan Candi, Sidoarjo, Jawa Timur pada Senin, 4 Februari 2020 sekitar pukul 13.10 WIB.

"Memang benar sekitar pukul 13.10 WIB pesawat latih kami Tobago T2405 mendarat darurat dan alhamdullilah instruktur dan siswanya selamat. Saat ini kami lakukan evakuasi untuk pesawat dan dilakukan investigasi selanjutnya," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.