VIDEO: Pascabanjir Bandang Bondowoso, Warga Kesulitan Dapat Air Bersih

VIDEO: Pascabanjir Bandang Bondowoso, Warga Kesulitan Dapat Air Bersih

Korban banjir bandang di Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur mengalami krisis air bersih setelah saluran air rusak diterjang banjir. Kondisi tersebut diperparah dengan masih minimnya pasokan makanan siap saji, di hari pertama pasca banjir bandang menerjang.

Hingga Kamis siang, sementara tercatat sekitar 200 kepala keluarga terdampak banjir dan sangat membutuhkan bantuan.Dusun Kampung Baru, Desa Kalisat, merupakan lokasi terparah dilanda banjir bandang yang terjadi di sejumlah wilayah di Kecamatan Ijen, Bondowoso.

Di dusun ini setidaknya terdapat 200 kepala keluarga yang terdampak langsung oleh musibah tersebut. Tak hanya merusak puluhan rumah, banjir bandang di lokasi ini juga turut merusak saluran air bersih.

Akibatnya, warga pun mengalami krisis air bersih. Derita akibat banjir bandang salah satunya dirasakan oleh Nahwati. Betapa tidak, banjir bandang tidak saja menjebol sejumlah titik di dinding rumahnya, melainkan juga turut menghanyutkan sebagian besar perabot dan barang berharga miliknya.

Tak hanya itu, krisis air bersih juga kini harus dialami oleh Nahwati serta ratusan warga setempat, setelah saluran air rusak akibat dihantam banjir.

Alih-alih air untuk keperluan membersihkan rumah dari lumpur guna kebutuhan minum pun warga sementara ini masih harus mengandalkan bantuan dari pihak lain. Kondisi tersebut juga diperparah dengan minimnya bantuan makanan siap saji, di hari pertama pasca banjir bandang menerjang.

Selain dari pipa saluran air bersih yang bersumber dari mata air, warga Dusun Kampung Baru selama ini juga mengandalkan aliran sungai setempat untuk kebutuhan sehari-hari selain minum. Namun pasca banjir terjadi, aliran sungai kini menjadi sangat keruh dan kotor.

Berikut video pemberitaannya pada Fokus, 31 Januari 2020

Ringkasan

Oleh Didi N pada 03 February 2020, 13:00 WIB

Video Terkait

Spotlights