VIDEO: Begini Kondisi Usai Banjir Bandang Menerjang Desa Kalisat Bondowoso

VIDEO: Begini Kondisi Usai Banjir Bandang Menerjang Desa Kalisat Bondowoso

Puluhan personel gabungan, Kamis pagi mulai diterjunkan ke lokasi banjir bandang di Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur untuk membersihkan lokasi.

Belum ada alat berat yang menjangkau lokasi membuat pembersihan hanya dilakukan secara manual. Banjir bandang membuat Dusun Kampung Baru, lokasi terparah dilanda banjir kini dipenuhi bongkahan kayu dan lumpur tebal.

Seperti inilah kondisi Dusun Kampung Baru, Desa Kalisat, Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur. Pascabanjir bandang yang menerjang pada Rabu sore kemarin membuat salah satu wilayah di lereng Pegunungan Ijen ini porak-poranda. Seluruh sudut kampung tampak dipenuhi bongkahan kayu yang terbawa oleh banjir, serta lumpur dengan ketebalan hingga 60 centimeter.

Kamis pagi, puluhan personel gabungan TNI-Polri dan BPBD mulai dikerahkan ke lokasi untuk melakukan pembersihan material banjir. Namun upaya pembersihan hanya bisa dilakukan secara manual, lantaran alat berat belum menjangkau lokasi. Meski banjir telah surut, namun peristiwa tersebut masih menyisakan trauma kepada warga, terutama wanita dan anak-anak.

Dusun Kampung Baru, Desa Kalisat, Kecamatan Ijen, Bondowoso merupakan lokasi terparah dilanda banjir bandang. Berdasarkan data sementara, di dusun ini tercatat sebanyak 21 rumah rusak akibat diterjang banjir. Selain di Desa Kalisat, banjir bandang juga melanda desa sebelah yakni, Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Bondowoso.

Hingga kini pendataan dampak kerusakan akibat banjir bandang yang berasal dari kawasan pegunungan Jampit, Kecamatan Ijen, Bondowoso itu masih terus dilakukan.

Sebelumnya, banjir bandang, Rabu sore melanda ratusan rumah di Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur. Material banjir berupa lumpur dan kayu mengalir deras dari kawasan Pegunungan Ijen dan menerjang permukiman warga. Banjir membuat warga desa panik, dan sebagian harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Berikut kita simak videonya pada Fokus, 31 Januari 2020

Ringkasan

Oleh Didi N pada 01 February 2020, 21:18 WIB

Video Terkait

Spotlights