VIDEO: Saat Petugas Gabungan Sidak Tambang Kapur Ilegal

VIDEO: Saat Petugas Gabungan Sidak Tambang Kapur Ilegal

Petugas gabungan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Rabu siang menggelar sidak tambang kapur ilegal. Namun, informasi kedatangan petugas diduga bocor, sehingga tidak menemukan aktivitas tambang ilegal, termasuk pelaku operator alat berat maupun sopir truk di lokasi. Berikut seperti dilansir pada program Fokus, 30 Januari 2020.

Petugas gabungan Dinas Lingkungan Hidup, Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) dan Satpol PP Kabupaten Tuban, Jawa Timur menggelar sidak tambang kapur ilegal di Tuban.

Namun, dalam sidak kali ini, kedatangan petugas dengan mobil plat merah ini, diduga bocor. Sehingga tidak menemukan para pelaku di lokasi tambang ilegal. Semua aktivitas eksploitasi tambang berhenti, dan tak satu pun operator alat berat atau excavator maupun sopir truk di lokasi.

Pihak Satpol PP menyatakan sidak kali ini untuk menegakkan Perda Nomor 10 Tahun 2019 Tentang Izin Lingkungan, sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mengurus izin tambang kapur. Namun, kedatangan petugas membuat para pelaku tambang ilegal kabur.

Salah satu pemilik tambang yang sudah mengantongi izin, meminta agar dinas terkait segera menindak tegas pelaku aktivitas tambang ilegal. Karena sudah merugikan pihak tambang yang memiliki izin resmi.

Kini pihak Satpol PP akan terus berkoordinasi dengan dinas terkait, agar para penambang nakal ini dapat segera mengurus izin. Karena jika tidak segera diurus akan dilakukan tindakan tegas penutupan lokasi tambang.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 03 February 2020, 11:13 WIB

Video Terkait

Spotlights