Cara KAI Daop 9 Jember Cegah Penyebaran Virus Corona

Oleh Liputan6.com pada 30 Jan 2020, 20:00 WIB
Diperbarui 30 Jan 2020, 20:00 WIB
Imbauan dari KBRI Beijing untuk WNI terkait Virus Corona dari Wuhan. (Dokumentasi KBRI Beijing)

Liputan6.com, Surabaya PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember memiliki cara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Pembagian masker dan sosialisasi diterapkan untuk penumpang kereta di sejumlah stasiun yang berada wilayah KAI Daop 9 sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (30/1/2020).

Sosialisasi dan pembagian masker dilakukan di Stasiun Jember, Ketapang, Probolinggo, Kalisat, Kalibaru, Kalisetail, Rogojampi, dan Banyuwangi Kota. Kegiatan ini dilakukan sejak 29 Januari sampai 4 Februari 2020.

Virus corona telah menjadi pusat perhatian dunia karena menyebar dan menelan banyak korban jiwa di Wuhan, China, sehingga tindakan antisipasi penyebaran telah dilakukan oleh berbagai negara, termasuk di Indonesia,” ujar Mahendro Trang Bawono, Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember, seperti yang dikutip dari Antara.

Sosialisasi virus corona dilakukan melalui pemasangan banner yang berisikan informasi mengenai virus corona dan proses penyebarannya, pemasangan stiker enam langkah mencuci tangan yang baik, serta pembagian brosur mengenai pencegahan virus corona.

PT KAI Daop 9 Jember melalui Unit Kesehatan juga melakukan pemeriksaan kesehatan bagi calon penumpang kereta yang memiliki keluhan kesehatan seperti demam, batuk pilek, dan keluhan penyakit lainnya. Pemeriksaan kesehatan itu bisa dilayani di pos kesehatan yang berada di stasiun.

“Kami ingin pengguna jasa kereta api lebih waspada dan aktif melakukan pencegahan penyebaran virus corona,” ucapnya.