Sukses

Botok Tempe hingga Kopi Joss Gresik, Kuliner Khas Jawa Timur di Tol Trans Jawa

Di Surabaya, Jawa Timur Anda dapat berkuliner ke tempat asal makanan khas ini melalui ruas tol Transjawa.

Liputan6.com, Jakarta - Jika mengunjungi suatu tempat, maka rasanya tak lengkap jika tak mencicipi kuliner khasnya. Surabaya merupakan salah satu kota yang memiliki banyak kuliner di dalamnya.

Pemerintah pun memberikan kemudahan akses berupa pembangunan jalan tol di Surabaya agar masyarakat dapat berwisata kulier ke manapun.

Ketika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat menempuh jalur Tol Transjawa untuk merasakan kuliner khas daerah Pantura (Pantai Utara).

Ingin tahu ada makanan apa saja yang dapat Anda temukan di jalur Pantura dengan menempuh ruas Tol Transjawa? Liputan6.com merangkumnya mengutip dari instagram @official.jasamargatransjawatol, Jumat (31/1/2020):

1. Soto Madura

Soto Madura merupakan kuliner soto yang mudah ditemui di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di Surabaya. Kuliner ini merupakan makanan khas yang berasal dari Madura.

Makanan ini berisikan potongan daging sapi yang disajikan dengan telur rebus, soun, sayuran, dan disatukan dalam kuah soto. Mengutip dari buku “Food Report Surabaya” oleh Surabaya Food Patrol,  warung Soto Madura yang paling terkenal di Surabaya adalah Soto Gubeng Pojok Asli. Warung ini berada di Jalan Kusuma Bangsa No. 30, Surabaya dan buka pada pukul 06.30 – 12.00 WIB.

Jika Anda berada di Surabaya dan ingin merasakan Soto Madura di daerah asalnya, Anda dapat menempuhnya dengan melewati ruas tol Surabaya-Gempol.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Bakso Malang

2. Bakso Malang

Bakso Malang merupakan salah satu makanan yang sudah banyak di temukan di berbagai daerah. Makanan ini mempunyai rasa yang lezat dan cocok dengan lidah orang Indonesia.

Bakso Malang biasanya berisikan bakso yang ditambahkan dengan sayuran seperti tauge dan sawi, kemudian ditambah tahu rebus dan kerupuk pangsit sebagai pelengkapnya. Namun, Anda dapat menempuh ruas tol Pandaan-Malang untuk sampai ke Malang dan mencicipi kuliner yang terkenal ini.

3. Botok Tempe Gempol

Botok merupakan makanan khas yang dapat di temukan di Jawa Timur. Makanan ini menggunakan tempe sebagai bahan dasar utamanya.

Botok Tempe Gempol merupakan olahan masakan tempe yang dikukus dengan kelapa parut. Makann ini sudah menjadi santapan sehari-hari warga Jawa Timur.

Namun, di Gempol makanan ini lebih terkenal di Gempol. Anda dapat menempuh perjalanan menggunakan kendaraan pribadi melewati ruas tol Surabaya-Gempol, Gempol-Pandaan, atau Gempol-Pasuruan.

4. Kopi Joss Gresik

Akhir-akhir ini kopi menjadi tren minuman masa kini. Ternyata, Gresik mempunyai kopi yang unik dan menarik tentu dengan rasa yang otentik, yaitu kopi kasar atau kopi kopyok.

Kopi Joss Gresik, merupakan minuman yang tidak boleh terlewatkan saat Anda berada di Gresik. Kopi ini disajikan secara unik, yaitu dalam gelas bening dan terlihat sekat antara susu, kopi, dam kopi kasarnya. Di atas kopi kasar biasanya ditambahkan taburan krimer sehingga menarik setiap mata yang memandangnya.

Jika Anda pencinta kopi dan tertarik untuk mencoba kopi unik ini, Anda dapat menempuh perjalanan melalui ruas tol Surabaya-Gempol atau Surabaya-Gresik.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.