Sukses

Tiga Rumah di Bondowoso Rusak Akibat Banjir Bandang

Peristiwa banjir bandang menerjang 200 rumah warga di Desa Sempol, Bondowoso, setelah hujan deras sekitar dua jam mengguyur kawasan lereng Gunung Ijen.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso membantu warga membersihkan material lumpur setelah banjir bandang surut. Akibat banjir bandang pada Rabu siang (29/1/2020), tiga rumah warga rusak dan satu rumah rusak berat akibat terjangan air bercampur material dan lumpur itu.

"Untuk tiga unit rumah warga yang rusak akibat banjir bandang, yakni di Desa Kalisat, Kecamatan Ijen. Dua rumah kondisinya miring dan satu rumah rusak berat (ambles), sedangkan ketinggian banjir di Desa Kalisat ini hingga bahu orang dewasa," ujar Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Bondowoso Sulaiman, seperti dikutip dari Antara, Rabu (29/1/2020).

Ia menuturkan, dirinya bersama rekan-rekan BPBD sedang membantu warga membersihkan material lumpur, seiring banjir bandang telah surut. Selain itu, pihaknya masih mendata rumah warga terdampak banjir bandang di Desa Kalisat yang posisi desa itu berada di hilir Desa Sempol.

"Data terdampak banjir bandang di Desa Kalisat belum masuk (belum dilaporkan), karena kami bersama teman-teman masih mendata dan membantu warga membersihkan material lumpur,"  tutur dia.

Peristiwa banjir bandang menerjang 200 rumah warga di Desa Sempol, Bondowoso, setelah hujan deras sekitar dua jam mengguyur kawasan lereng Gunung Suket. Akibat terjangan banjir bandang ini, dua orang warga Desa Sempol mengalami luka ringan dan seorang lansia harus dirawat di puskesmas setempat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.