Sukses

BMKG Juanda: Waspada Hujan Lebat pada Malam Hari di Surabaya

Perkiraan cuaca di Surabaya dan sekitarnya pada Selasa, 28 Januari 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda menyebutkan cuaca di Surabaya terpantau cerah pada pagi ini, Selasa (28 Januari 2020).

Prakirawan BMKG Juanda, Tonny Setiawan mengatakan, hujan berpotensi terjadi di Surabaya pada siang, sore, dan malam hari.

"Pada siang dan sore hari intensitasnya ringan hingga sedang, kemudian pada malam hari intensitasnya sedang hingga lebat,” kata Tonny saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (28/1/2020).

Hujan yang akan terjadi di Surabaya diperkirakan disertai angin kencang dan petir, dengan suhu udara sekitar 25 – 34 derajat celsius.

"Kelembapan udara 55 – 90 persen dan angin dari arah barat dengan kecepatan 5 – 30 KM per jam,” kata dia.

Tonny juga mengatakan bahwa hujan yang diprediksi disertai dengan angin kencang perlu diwaspadai karena dapat mengubah arah mobil. Selain itu, durasi hujan yang panjang juga perlu diwaspadai.

"Hujan dengan durasi 3 jam bisa mengakibatkan banjir,” kata Tonny.

Mengutip dari laman web juanda.jatim.go.id, beberapa kecamatan di Surabaya terpantau sudah terjadi hujan lokal dengan suhu udara di kisaran 25 – 34 derajat celsius, kelembaban udara rata-rata 55 persen, dan arah angin dari barat dengan kecepatan rata-rata 30 KM per jam.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potensi Hujan di Jawa Timur

Selain di Surabaya, hujan juga berpotensi turun di seluruh wilayah Jawa Timur karena sudah memasuki puncak musim hujan. Pada pagi hari, hujan berpotensi terjadi di Trenggalek.

Sedangkan pada siang hingga sore hari antara lain di Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Bojonegoro, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan.

Selain itu, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Sampang dan Sumenep. Pada malam hari, potensi hujan di Surabaya, Sidoarjo Gresik, Lamongan, Jombang, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo, Lumajang dan Bangkalan.

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.