Sukses

Pembangunan Tol Probolinggo-Lumajang Bakal Dimulai 2021

Biaya yang digelontorkan Pemerintah Pusat untuk membangun jalan tol Probolinggo-Lumajang sebesar Rp 4,7 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Lumajang, Jawa Timur, Thoriqul Haq mengatakan, perencanaan pembangunan jalan bebas hambatan atau Tol Probolinggo-Lumajang dimulai 2020, sementara pengerjaan proyek jalan tersebut akan dimulai 2021.

"Tahun ini sudah akan dimulai perancangan pembangunannya dan akan dibahas rencana pengambilan jalur tol lewat mana saja, sehingga semuanya didata dan tahun ini akan dituntaskan," kata Bupati Thoriq saat menghadiri puncak HUT Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Lumajang, Jawa Timur, Senin, 27 Januari 2020.

Ia mengatakan, Presiden Joko Widodo telah menandatangani proyek Tol Probolinggo-Lumajang sebagai program prioritas nasional dan sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi, disebutkan bahwa anggaran yang akan digelontorkan pemerintah pusat untuk proyek tol itu senilai Rp 4,7 triliun, dilansir dari Antara.

"Pembangunan Tol Probolinggo-Lumajang telah sampai tahap perencanaan dan salah satunya pengambilan jalur yang akan segera ditetapkan," tutur dia.

Dia menuturkan, pembangunan Tol Probolinggo-Lumajang masih akan melalui berbagai tahapan, salah satunya pembebasan tanah yang nantinya akan dinegosiasikan dengan warga setempat yang lahannya dilalui jalur tol.

"Setelah dibebaskan tanahnya, insyaallah pembangunan sudah mulai dikerjakan tahun depan dan harapannya 2023 jalan tol sudah bisa dinikmati oleh masyarakat Lumajang," ucap politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tuntaskan Kemacetan

Selain menuntaskan kemacetan area Kecamatan Ranuyoso dan Klakah, lanjut dia, terbukanya akses jalan tol itu nanti juga akan meningkatkan potensi pembangunan yang ada di Kabupaten Lumajang.

"Alhamdulilah perkembangan demi perkembangan, pembangunan demi pembangunan di Lumajang terus beranjak, Insya Allah akan terus kami lakukan penyempurnaan," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Provinsi Jawa Timur Hadiyono yang hadir dalam puncak HUT Pondok Pesantren Miftahul Ulum di Lumajang mengatakan, pembangunan Tol Probolinggo-Lumajang merupakan salah satu program prioritas nasional dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur di Provinsi Jawa Timur.

"Bapak Presiden telah menandatangani Tol Probolinggo-Lumajang sebagai program prioritas nasional dan ini merupakan program untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di Jatim," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.