VIDEO: Bongkahan Batu dari Longsoran Jadi Penghasilan Warga Pacitan, Jual Laku Rp 400 Ribu

VIDEO: Bongkahan Batu dari Longsoran Jadi Penghasilan Warga Pacitan, Jual Laku Rp 400 Ribu

Longsor batu yang sempat menutup akses jalan Pacitan menuju Ponorogo, Minggu malam 19 Januari 2020 menjadi berkah tersendiri bagi warga. Mereka memanfatkan material longsor berupa batu untuk dijual. Hasilnya dibagi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Lokasi longsor di jalan raya Pacitan menuju Ponorogo, tepatnya di Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Pacitan, masih ramai didatangi warga. Material longsor yang menutup jalan menjadi berkah bagi warga sekitar lokasi. Mereka secara bersama-sama mencari bongkahan batu untuk dijual.

Setelah terkumpul, batu dijual ke luar kota, seperti di Ponorogo. Karena dilakukan bersama-sama, hasilnya pun dibagi secara merata. Satu truk batu, dijual dengan harga Rp 400 ribu.

Dalam sehari, warga bisa mendapatkan lebih dari Rp 1 juta. Hasil penjualan batu ini cukup untuk menambah penghasilan demi kebutuhan keluarga sehari-hari.

Di hari biasa, untuk bisa mendapatkan satu truk batu, warga membutuhkan sekitar empat hari. Sebelumnya longsor terjadi pada Minggu malam, 19 Januari 2020. Tebing setinggi sekitar 25 meter longsor lantaran sebelumnya sudah mengalami keretakan.

Berikut videonya pada Liputan6, 23 Januari 2020

Ringkasan

Oleh Didi N pada 27 January 2020, 16:15 WIB

Video Terkait

Spotlights