VIDEO: Kapal Selam Alugoro-405 Lulus Uji Kedalaman Menyelam di Selat Bali

Oleh Agustina Melani pada 27 Jan 2020, 20:30 WIB
Diperbarui 27 Jan 2020, 20:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Kapal selam Alugoro, buatan anak bangsa yang baru pertama kali diproduksi PT PAL Indonesia, jalani masa uji coba di perairan Selat Bali, Banyuwangi, Jawa Timur.

Kapal selam ini berhasil melalui tes Nominal Diving Depth (NDD), atau menyelam hingga kedalaman 250 meter. Selanjutnya, berbagai uji coba akan dilakukan hingga Juni mendatang.

Kapal selam dengan nama lambung Alugoro-405 ini diproduksi PT. PAL Indonesia,  menjalani masa uji coba di perairan Selat Bali, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa siang.

Kapal selam buatan anak bangsa, memiliki panjang 61,3 meter, dengan kelebihan mudah bermanuver, cocok dengan karakter perairan Indonesia yang luas, dan relatif dangkal. 

Dalam uji coba, kapal selam Alugoro lulus melakukan uji Nominal Diving Depth, atau menyelam di kedalaman hingga 250 meter. Jika tahapan ini berhasil, dapat disimpulkan 90 persen proses pembangunan kapal selam juga berhasil. Selanjutnya akan dilakukan uji coba Maximal Diving Depth, atau menyelam hingga kedalaman 300 meter.

Menurut Director Shipbuilding PT  PAL Indonesia, keberhasilan pembangunan kapal selam Alugoro ini, menjadikan Indonesia menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam.

"Memang kita laksanakan di Banyuwangi, dengan pertimbangan, kita membutuhkan kedalaman tertentu yang dipersyaratkan oleh kapal selam, dimana kapal selam ini pada saat proses yang disebut Nominal Diving Depth, ia harus melalui kedalaman minimal 250 meter,” kata Satrio Bintoro, GM Submarine PT. PAL Indonesia.

Uji coba kapal selam Alugoro ini bakal digelar hingga Juni mendatang. Selanjutnya, kapal ini direncanakan akan diserahterimakan kepada Kementerian Pertahanan (Kemenhan) untuk digunakan oleh TNI AL pada Desember 2020. Demikian diberitakan pada Liputan6, 23 Januari 2020.