Sukses

Sate Klopo Ondemohen khas Surabaya, Wajib Coba

Di Surabaya, Jawa Timur terdapat sate unik, yaitu Sate Klopo Ondemohen.

Liputan6.com, Jakarta - Jika mengunjungi suatu daerah, yang tak boleh terlewatkan adalah mencicipi kuliner khas dari daerah tersebut. Indonesia terdiri dari bermacam-macam daerah dengan perbedaan yang menjadikannya sebagai ciri khas. Berbeda daerah, tentu berbeda pula kuliner khasnya.

Seperti contohnya adalah Surabaya, Jawa Timur. Kota yang dijuluki sebagai kota pahlawan ini mepunyai beragam kuliner khas dari mulai olahan nasi, hingga jajanan dan minuman. Namun, terdapat salah satu makanan unik di Surabaya, yaitu Sate Klopo atau Sate Kelapa.

Mengutip dari instagram @surabayasparkling, Sate Klopo yang ada di Surabaya ini adalah sate daging sapi yang ditaburi dengan parutan kelapa di atasnya. Bumbu dari Sate Klopo sendiri menggunaan bumbu kacang. Sate Klopo menjadi salah satu kulier favorit di Surabaya.

Tak hanya Sate Klopo, di Surabaya terdapat banyak warung yang menjajakan sate. Ingin tahu di mana saja? Simak rangkumannya yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Sate Klopo Ondemohen Ibu Asih

Salah satu warung yang menjual Sate Klopo adalah Sate Klopo Ondemohen Ibu Asih yang terkenal di Surabaya. Sate Klopo Ondemohen Ibu Asih dapat ditemui di Jalan Walikota Mustajab No.36, Surabaya.

Sate Klopo ini terkenal akan rasanya. Sate ini terbuat dari potongan daging sapi yang ditusuk dan dibakar, kemudian ditaburi kelapa parut di atasnya untuk menambah rasa gurih pada sate.

Bumbu yang digunakan juga merupakan bumbu kacang yang manis dan gurih, sehingga cocok dijadikan sebagai santapan utama dengan nasi hangat. Sate Klopo Ondemohen Ibu Asih buka pada pukul 07.00 – 23.00 WIB. Harga sate di warung ini berkisar Rp 50.000.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Depot Hikmah

2. Depot Hikmah

Seain Sate Klopo, di Surabaya juga terdapat gerai yang menjual sate, yaitu Depot Hikmah. Warung ini terletak di Jalan Kedungdoro No.95, Surabaya.

Menu terkenal di Depot Hikmah adalah sate kambing. Sate kambing di Depot Hikmah banyak digemari karena dagingnya yang lembut. Daging yang digunakan untuk membuat sate adalah daging kambing muda, hal ini dikarenakan dagingnya tidak terlalu bau dan lebih empuk dibanding kambing dewasa.

Depot Hikmah buka pada pukul 17.00 – 01.00 WIB. Harga makanan di depot ini seitar Rp 50.000.

3. Sate Ayam Lisidu

Sate Ayam Lisidu adalah warung yang menjual sate ayam dengan dua jenis, yaitu sate ayam kampung dan sate ayam biasa.

Warung ini terletak di Jalan Ngagel Jaya Indah No.67, Surabaya, Jawa Timur. Warung ini buka pada pukul 10.00 – 22.00 WIB. Kisaran harga makanan di warung Sate Ayam Lisidu adalah Rp 50.000.

Tak ada salahnya jika Anda mencoba sate dengan pilihan beragam di warung ini.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.