Sukses

12 Wisata Alam Situbondo Terpopuler, Kombinasi Pantai dan Kawasan Pegunungan

Wisata alam Situbondo terdiri dari gabungan pantai dan kawasan pegunungan.

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam Situbondo bisa menjadi destinasi alternatif menyenangkan liburanmu. Sebuah kabupaten yang terletak di daerah pesisir utara Jawa Timur ini memberikan banyak pilihan wisata alam, mulai dari pantai hingga wilayah pegunungan.

Wilayah Situbondo yang dikelilingi oleh kawasan pegunungan dan juga berbatasan dengan laut, membuat kamu bisa menikmati berbagai wisata alam yang menakjubkan. Posisi strategis inilah yang membuat potensi alam Situbondo sangatlah memukau.

Wisata alam Situbondo terdiri dari gabungan pantai dan kawasan pegunungan. Mulai dari Gunung Argopuro, Taman Nasional Baluran, Pantai Pasir Putih, hingga Air Terjun Talempong yang indah bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Situbondo.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (26/1/2020) rekomendasi wisata alam Situbondo yang sayang buat dilewatkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Alam Situbondo Pegunungan

Gunung Argopuro

Wisata alam Situbondo yang pertama adalah Gunung Argopuro. Gunung Agropuro berada dalam wilayah Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo. Gunung Argopuro merupakan bekas gunung berapi yang kini sudah tidak aktif lagi.

Gunung ini menjadi lokasi mendaki yang cukup menantang. Gunung Argopuro merupakan puncak tertinggi dari Pegunungan Iyang serta berada pada posisi di antara Gunung Semeru dan Gunung Raung.

Sabana Cikasur

Sabana Cikasur atau Sikasur merupakan wisata alam Situbondo yang berada di kawasan gunung Argopuro. Sabana Cikasur bisa ditemukan jika kamu mengambil rute pendakian jalur Baderan.

Sabana ini membentang luas dengan rumput dan ilalang yang menyejukkan perjalanan. Selain Sabana Cikasur, terdapat sabana-sabana kecil lainnya yang dapat ditemukan di sepanjang pendakian.

3 dari 6 halaman

Wisata Alam Situbondo Pantai

Pantai Pasir Putih

Sesuai dengan namanya, pantai ini menawarkan hamparan pasir putih yang membentang membentuk lengkungan indah. Pantai Pasir Putih memiliki latar belakang hutan hijau yang masih asri, tak heran jika berkunjung ke tempat ini di pagi hari, suasana akan terasa sejuk dan teduh. Pantai ini berada di jalan trans Surabaya-Banyuwangi.

Pantai Bilik

Pantai Bilik merupakan salah satu pantai Situbondo di dekat perairan Selat Madura yang dihubungkan secuil daratan Pulau Jawa sehingga membentuk cekungan. Secuil daratan ini yang menyebabkan Pantai Bilik tidak memiliki ombak. Pantai ini makin indah dengan panorama hitan bakau dan gunung Baluran yang memesona.

Pantai Lempuyang

Pantai Lempuyang berada di Sumberwaru, Banyuputih, Situbondo. Bibir pantai ini memiliki bentuk bibir pantai berbentuk U. Fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap seperti gazebo, kamar mandi, area parkir, dan banyak penjaja kuliner.

4 dari 6 halaman

Wisata Alam Situbondo Pantai Lainnya

Pantai Balanan

Pantai Balanan berada di dalam kawasan Taman Nasional Baluran. Lokasi wisata ini memang terletak lumayan jauh dari pusat kota, yaitu lebih kurang 30 kilometer atau membutuhkan waktu tempuh setidaknya 1 jam perjalanan. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih bersih serta air lautnya tampak jernih bak kaca. Di sekeliling pantai Balanan banyak ditemukan pepohonan serta tebing yang berdiri kokoh.

Pantai Tampora

Pantai Tampora berada di Tampora, Kalianget, Banyuglugur, Situbondo. Pantai ini berada di balik bukit dan menawarkan pantai dengan hamparan pasir putih dan ombak yang tenang. Keunikan dari pantai ini adalah adanya pemandangan batu karang yang berdiri kokoh.

5 dari 6 halaman

Taman Nasional Baluran

Gunung Baluran

Gunung Baluran merupakan gunung paling timur di Pulau Jawa dan berada di dalam kawasan Taman Nasional Baluran. Gunung Baluran memiliki beberapa puncak seperti Puncak Aleng, Kacip dan Klosot. Gunung ini sudah tidak aktif lagi dengan dinding kawah yang memiliki ketinggian antara 900 hingga 1.247 m dpl membatasi kaldera yang luas dan dalamnya 600 meter.

Sabana Bekol

Taman Nasional Baluran dikenal dengan hamparan sabananya. Sabana di Baluran mendominasi lokasi taman nasional ini. Sabana Bekol sangat terkenal bak Afrika Pulau Jawa. Di sini tumbuh hamparan rumput, pepohonan, dan beragam satwa liar yang hidup bebas.

Bekol didominasi dengan tanaman Acacia nilotica yang akan menghijau saat musim hujan dan menguning saat musim kemarau. Wisata alam Situbondo satu ini merupakan rumah bagi 44 jenis flora, 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung.

Gua Jepang

Tak hanya sabananya, Taman Nasional Baluran juga terkenal akan keberadaan gua peninggalan Jepang. Gua ini menjadi saksi sejarah pertempuran sengit antara tentara Republik Indonesia dengan tentara Jepang. Gua Jepang ini memiliki luas sekitar 12 m2 dan terbagi atas 2 ruangan.

Ruangan bagian utara dulunya dipergunakan sebagai tempat menyimpan amunisi, sedangkan ruangan bagian selatan berfungsi sebagai celah pengintai musuh.

6 dari 6 halaman

Wisata Alam Baluran Lainnya

Air Terjun Talempong

Air terjun Talempong berada di Desa Talempong, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Kawasan air terjun ini menawarkan udara sejuk dan air yang sangat menyegarkan. Wisata alam Situbondo satu ini sudah tak asing bagi masyarakat Situbondo dan menjadi pilihan destinasi saat liburan tiba.

Selain air yang menyegarkan, banyak lumut hijau yang menyelimuti bebatuan di dasar air terjun ini. Konon lumut tersebut merupakan lumut ajaib yang bisa menyembuhkan penyakit tertentu.

Bajul Mati

Berada di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo, Bajul Mati merupakan salah satu wisata alam Situbondo yang wajib kamu kunjungi. Daya tarik adalah sebuah gundukan tanah yang menyerupai kepulauan raja ampat. Selain pemandangan yang indah, fasilitasnya pun lengkap, wisata bersama keluarga jadi lebih menyenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.