VIDEO: Cegah Banjir Menuju Akses Bandara, Petugas Gabungan Bersihkan Sungai di Sidoarjo

VIDEO: Cegah Banjir Menuju Akses Bandara, Petugas Gabungan Bersihkan Sungai di Sidoarjo

Untuk antisipasi bahaya banjir akibat penumpukan sampah dan enceng gondok sepanjang 200 meter, pihak BPBD Jatim dan Pemkab Sidoarjo, menggelar aksi bersih-bersih kali Sinir dan kali Buntung di Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo.

Sampah sungai ini bila tidak dibersihkan, dikhawatirkan menyebabkan banjir dan mengganggu akses menuju Bandara Internasional Juanda. Petugas BPBD Jatim bersama Pemkab Sidoarjo, anggota TNI, serta relawan mahasiswa menggelar aksi bersih-bersih sungai kali Buntung, kali Waru dan kali Sinir.

Kondisi sungai atau kali tertutup sampah dan enceng gondok cukup tebal sepanjang 200 meter. Aksi bersih-bersih terkendala tidak bisa menggunakan alat berat karena banyaknya kabel pipa PDAM dan pipa PGN di sungai.

Sehingga petugas terpaksa hanya mengandalkan cara manual dengan menarik sampah dari atas kemudian diangkut truk. Bersih-bersih sungai ini dilakukan agar tidak terjadi banjir akibat saluran sungai yang tertutup sampah. Jika pembersihan sungai tidak dilakukan, dikhawatirkan menyebabkan banjir dan mengganggu akses menuju Bandara Internasional Juanda.

Warga Sidoarjo yang berada di bantaran hulu kali Buntung juga diimbau ikut menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Berikut kita simak videonya pada Fokus, 22 Januari 2020

Ringkasan

Oleh Didi N pada 24 January 2020, 10:06 WIB

Video Terkait

Spotlights