Sukses

BMKG Juanda: Hujan di Surabaya Disertai Petir dan Angin Kencang pada Malam Hari

Berikut perkiraan cuaca di Surabaya, Jawa Timur pada Selasa, 21 Januari 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BKMG) Juanda menyebut di Surabaya pada siang hari ini terpantau sudah turun hujan di beberapa wilayah bagian timur dan merembet ke arah selatan.

Prakirawan BMKG Juanda, Oky Sukma Hakim, mengatakan hujan yang terjadi siang ini adalah hujan lokal. Pada sore hingga malam hari Kota Surabaya diprediksi turun hujan dengan intensitas lebat dan disertai petir dengan angin kencang.

“Suhu udara berkisar antara 26 – 34 derajat Celsius dengan angin datang dari arah barat daya. Kecepatan mencapai 30 km per jam,” kata Oky saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa, (21/1/2020).

Oky juga menjelaskan kelembaban udara di Surabaya mencapai 55–95 persen. Ini karena diprediksi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang. BMKG Juanda mengimbau masyarakat yang mempunyai pohon rapuh sebaiknya segera ditebang. Selain pohon, papan reklame dan tiang-tiang tinggi juga sebaiknya dihindari.

"Selokan mampet yang berisi sampah harap dibersihkan untuk mengantisipasi air menggenang," kata dia.

Daerah-daerah di Jawa Timur yang berpotensi mengalami hujan lebat adalah Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Ponorogo, Kota Malang, dan Batu.

Melansir dari laman resmi BMKG Juanda, sebagian besar kecamatan yang ada di Surabaya hari ini cerah dengan suhu udara 34 derajat Celsius dan kelembaban udara rata-rata 55 persen. Sebagian besar anginnya pun berasal dari barat daya dengan kecepatan angin mencapai 30 km per jam.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.