VIDEO: Warga Tionghoa Bersihkan Kelenteng dan Patung Jelang Imlek

VIDEO: Warga Tionghoa Bersihkan Kelenteng dan Patung Jelang Imlek

Menjelang Tahun Baru Imlek 2571, masyarakat Tionghoa di Jawa Timur mulai melakukan berbagai persiapan. Di kota Madiun, mereka mencuci dan membersihkan patung dewa, di tempat ibadah Tri Dharma.

Sementara di Mojokerto, warga Tionghoa di kelenteng Hok Sian Kiong, juga membersihkan patung dewa-dewi, sebagai lambang penghargaan atas berkah yang diberikan kepada mereka. Beberapa hari terakhir, terlihat kesibukan warga keturunan Tionghoa di tempat ibadah Tri Dharma, atau TITD Kelenteng Hwi Ing Kiong, Madiun.

Lebih dari 100 rupang, atau patung dewa, beserta 22 altar, dicuci dan dibersihkan menggunakan air kembang. Seperti bunga melati, mawar, kenanga, dan kantil. Bahkan, air dicampur menggunakan kayu cendana. Tujuannya, agar semua patung menjadi wangi. Sehingga saat perayaan Imlek yang jatuh pada Sabtu, 25 Januari 2020 bisa berjalan lancar.

Sementara di Mojokerto, warga Tionghoa juga melakukan hal yang sama di Klenteng Hok Sian Kiong, Minggu pagi. Patung dewa-dewi yang memiliki kedudukan tinggi, disucikan. Ritual kimsin atau pensucian ini, merupakan lambang penghargaan kepada dewa-dewi yang telah memberikan berkah kepada warga Tionghoa.

Tidak hanya patung dewa-dewi yang disucikan, Kelenteng Hok Sian Kiong juga dipercantik dengan berbagai hiasan dan pemasangan pernak-pernik Imlek. Ratusan lampion juga telah terpasang di berbagai sudut klenteng.

Dalam puncak perayaan Imlek Tahun 2571 ini, diperkirakan ribuan warga Tionghoa dari berbagai daerah seperti Surabaya dan Jombang akan memenuhi Kelenteng Hok Sian Kiong untuk bersembahyang dan berdoa.

Berikut simak videonya pada Liputan6, 20 Januari 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 21 January 2020, 14:30 WIB

Video Terkait

Spotlights