Sukses

Jurus Dinkes Situbondo Lawan DBD

Dinas Kesehatan (Dinkes) Situbondo, Jawa Timur, mengeluarkan jurus melawan nyamuk aedes aegypti pembawa penyakit demam berdarah dengue (DBD) sejak awal Januari 2020

Liputan6.com, Surabaya Dinas Kesehatan (Dinkes) Situbondo, Jawa Timur, mengeluarkan jurus melawan nyamuk aedes aegypti pembawa penyakit demam berdarah dengue (DBD) sejak awal Januari 2020. Petugas Dinkes Situbondo dikerahkan untuk melakukan pengasapan atau fogging di lokasi permukiman warga.

“Pengasapan dilakukan supaya nyamuk aedes aegypti tidak berkembang biak serta membasmi nyamuk itu,” ujar Heryawan, Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Situbondo, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (20/1/2020).

Pada akhir pekan kemarin, fogging atau pengasapan dilakukan di Kampung Dam, Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan yang ditengarai sebagai endemik aedes aegypti penyebab DBD. Selain daerah diduga sebagai daerah endemik, di kawasan itu juga terdapat satu kasus DBD.

Menurut Heryawan, petugas langsung bergerak menyelidiki epidemiologi daerah yang dilaporkan terdapat kasus DBD.

Selain pengasapan atau fogging, petugas juga menyosialisasikan kepada warga cara menjaga kebersihan. Ia mengimbau masyarakat supaya rutin memberantas sarang nyamuk dengan rutin membersihkan lingkungan tempat tinggal, mengubur wadah yang bisa menampung air bersih dan menjadi tempat berkembang biak nyamuk, menguras penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan menggunakan obat oles anti nyamuk untuk mencegah gigitan nyamuk aedes aegypti penyebab DBD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.