VIDEO: Kisah Kades Supriyono yang Berani Selamatkan Warganya dari Banjir

Oleh Agustina Melani pada 17 Jan 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 17 Jan 2020, 17:22 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Aksi heroik diperlihatkan seorang kepala desa, di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, saat menyelamatkan seorang warganya yang terjebak banjir bandang, di sebuah lahan yang berada di tengah sungai. Aksi heroik itu sempat terekam video ponsel warga, dan menjadi viral saat diunggah di media sosial. 

Inilah viral aksi heroik dan penuh keberanian, Supriyono, Kepala Desa Gading Wetan, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo. Ia berjibaku dengan derasnya aliran Sungai Pandan Laras, demi menyelamatkan warganya yang terjebak banjir bandang.

Dengan mengambil risiko nyawanya terancam, Kades Supriyono bersusah payah mengevakuasi warganya menuju daratan dengan menggunakan ban bekas. Setelah segala upaya, Kades Supriyono dan warganya yang bernama Sundari, akhirnya bisa selamat.

Saat dikonfirmasi, Kades Supriyono mengatakan gambar di video yang sedang viral di media sosial tersebut, sebenarnya terjadi pada 2016 , saat terjadi banjir bandang.

Namun, baru diunggah oleh warga pemilik video beberapa hari ini. Waktu itu dirinya memang nekat mengambil risiko, demi menyelamatkan warganya yang terseret arus banjir. Meski demikian, video tersebut kini menjadi viral dan mendapat ribuan respons positif dari para netizen atau warganet.

Meski peristiwa itu telah lama berlalu, tapi aksi yang ditunjukkan Kades Supriyono masih tetap dikenang dan menjadi contoh bagi perangkat desa lainnya, agar lebih peduli kepada rakyat yang dipimpinnya.

Berikut videonya pada program Fokus, 15 Januari 2020.