VIDEO: Dugaan Korsleting Listrik Sebabkan 7 Kios Pasar Kepatihan Gresik Terbakar

VIDEO: Dugaan Korsleting Listrik Sebabkan 7 Kios Pasar Kepatihan Gresik Terbakar

Tujuh kios di Pasar Baru Kepatihan, Menganti, Gresik, Jawa Timur, Minggu malam, ludes terbakar. Diduga kebakaran akibat korsleting arus pendek listrik. Salah satu pemilik kios, menangis histeris saat melihat kiosnya hangus. Tidak ada korban jiwa, namun, kerugian ditaksir seratus juta rupiah.

Api dengan cepat berkobar menjalar ke sejumlah kios yang berjajar di Pasar Baru Kepatihan, Kecamatan Menganti, Gresik, Minggu malam. Saat kebakaran terjadi, para pedagang pasar sedang pulang ke rumah untuk shalat Maghrib. Sebagian penghuni pasar yang belum pulang terlihat susah payah berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Namun, para penghuni pasar tidak mampu menyelamatkan kios yang terbuat dari kayu mudah terbakar. Yuni, salah satu pemilik kios, terlihat menangis histeris setelah mengetahui toko kelontong miliknya hangus terbakar tak tersisa. Sementara pemilik kios lainnya yang panik dibantu aparat TNI dan Polsek Menganti mengevakuasi barang dagangannya ke tempat lebih aman.

Kebakaran terjadi diduga akibat korsleting listrik yang berasal dari kios jualan kain dan pakaian. Api kemudian dengan cepat menjalar dan menghanguskan tujuh kios, tidak ada korban jiwa, tapi kerugian ditaksir sekitar Rp 100 juta.

"Untuk kejadiannya sekitar pukul 17.30, penyebab sementara diduga karena korsleting listrik, terutama di toko baju, terdapat tujuh kios yang terbakar," kata AKP Tatak Sutrisna, Kapolsek Menganti.

Tim mobil PMK dari Kabupaten Gresik, PMK Surabaya dan sebuah perusahaan sempat kesulitan menjinakkan api karena mobil pemadam tidak bisa masuk ke dalam pasar. Setelah berjuang selama 1,5 jam, petugas akhirnya berhasil memadamkan api. Demikian diberitakan pada program Fokus, 14 Januari 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 16 January 2020, 17:30 WIB

Video Terkait

Spotlights