VIDEO: Cegah Demam Berdarah, Dinkes Ponorogo Bagikan Ikan Cupang

Oleh Agustina Melani pada 15 Jan 2020, 23:02 WIB
Diperbarui 15 Jan 2020, 23:02 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Mengantisipasi berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti penyebab penyakit demam berdarah, petugas Puskesmas di Ponorogo, Jawa Timur, membagikan ikan cupang ke warga. Sebelum diberi ikan, petugas Puskesmas, juga mensosialisasikan tentang bahayanya penyakit akibat gigitan nyamuk tersebut.

Beginilah suasana pembagian ikan cupang, ke warga di Kelurahaan Kadipaten, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, Senin pagi. Puluhan ibu-ibu di Posyandu menerima pembagian ikan cupang gratis dari petugas Puskesmas, sekaligus mendapat penyuluhan tentang bahaya penyakit demam berdarah dengue akibat gigitan nyamuk aedes aegypti tersebut.

Selain membasmi menggunakan ikan predator seperti ikan cupang, petugas Puskesmas juga meminta warga untuk hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan. Termasuk memberantas sarang nyamuk dengan cara menutup, menguras, serta mengubur, tempat genangan air, yang biasa digunakan nyamuk bertelur dan berkembang biak.

Memberantas jentik nyamuk DBD, dengan ikan cupang, dirasa sangat efektif. Sebab bisa menjangkau genangan air yang tak terjangkau. Demikian diberitakan pada Fokus, 14 Januari 2020.