VIDEO: Longsor di Magetan Ancam 48 Desa di 7 Kecamatan

VIDEO: Longsor di Magetan Ancam 48 Desa di 7 Kecamatan

Jalan sepanjang 20 meter di Magetan, Jawa Timur, amblas tergerus air. Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pemilik rumah diminta mengungsi. Sementara jalan ditutup. Sebab, hampir separuh badan jalan amblas terbawa longsor. Di Magetan, longsor mengancam 48 desa di tujuh kecamatan.

Beginilah kondisi Jalan Mawar di Kelurahan Kecamatan Kota, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Jalan beraspal sepanjang kurang lebih 20 meter, dengan lebar 4 meter, amblas tergerus air Sungai Gandong.

Terdapat empat bangunan rumah warga yang berdiri di atasnya, retak dan sebagian dapurnya hilang terseret arus. Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pemilik rumah diminta mengungsi. Sementara jalan ditutup, karena hampir separuh badan jalan amblas terbawa longsor. Berikut diberitakan pada Liputan6, 8 Januari 2020.

Menurut BPBD Kabupaten Magetan, saat ini ada sekitar 48 desa di 7 kecamatan, yaitu Ngariboyo, Sidorejo, Panekan, Poncol, Plaosan, Parang, dan Kecamatan Kota, berpotensi terjadi longsor, yang paling rawan di wilayah Kecamatan Poncol dan Plaosan, karena lokasinya berada di lereng Gunung Lawu.

Namun secara keseluruhan, Magetan hanya memiliki potensi bencana berskala kecil. Seperti banjir, biasanya hanya terjadi di 2 desa, yaitu Desa Jajar dan Ngelang, Kecamatan Kartoharjo, Magetan yang berbatasan dengan Kabupaten Ngawi.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 11 January 2020, 16:30 WIB

Video Terkait

Spotlights