VIDEO: Akibat Cuaca Buruk, Sejumlah Penerbangan Tertunda di Bandara Juanda

Oleh Agustina Melani pada 11 Jan 2020, 13:30 WIB
Diperbarui 11 Jan 2020, 13:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan penerbangan melalui Bandara Internasional Juanda, mengalami penundaan jam terbang, akibat terdampak cuaca buruk dalam dua hari terakhir.

Sementara pihak BMKG Juanda memprediksi, kondisi cuaca buruk akan terjadi hingga sepekan ke depan, khususnya pada siang hingga malam hari. Cuaca buruk yang terjadi sejak awal Januari mengakibatkan aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Juanda, terganggu.

Tercatat sejak dua hari terakhir, sekitar 20 penerbangan mengalami delay, atau penundaan jam terbang, setiap harinya. Penundaan jam terbang ini bervariasi, antara 5-35 menit, khususnya pada siang hingga malam hari. Terkait kondisi ini, pihak pengelola bandara menyerahkan kebijakan penundaan jam terbang ke masing-masing maskapai, yang mengetahui kondisi kelayakan penerbangan pesawatnya, saat cuaca buruk.

Sementara pihak pengelola bandara akan menambah ruang tunggu, untuk menampung calon penumpang pesawat, yang mengalami penundaan jam terbang.

Pihak BMKG Juanda memprediksi, cuaca buruk berupa hujan deras di Bandara Internasional Juanda, berpeluang terjadi hingga sepekan ke depan, khususnya pada siang hingga malam hari.

Menyikapi kondisi cuaca buruk itu, BMKG mengimbau masyarakat berhati-hati dan waspada. Apalagi, hujan deras seringkali disertai angin kencang, yang berpotensi merusak atau menumbangkan pepohonan. Demikian diberitakan pada Liputan6, 8 Januari 2020.