Sukses

3 Warung Rujak Cingur Unik di Surabaya dan Sekitarnya

Rujak cingur merupakan makanan khas Jawa Timur. Di Surabaya terdapat warung rujak cingur yang mempunyai keunikan tersendiri. Ingin tahu apa saja keunikannya? Simak ulasannya

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia. Terdiri dari beragam suku dan etnis, membuat Surabaya mempunyai keberagaman.

Berbicara mengenai kuliner di Surabaya rasanya tak akan ada habisnya. Kota ini mempunyai beragam makanan dan minuman khas yang unik dan berbeda dari daerah-daerah lainnya.

Dari mulai makanan berat seperti aneka olahan nasi, sampai jajanan ringan ada dan siap memanjakan lidah Anda. Surabaya mempunyai banyak makanan khas salah satunya adalah rujak cingur.

Bagi warga Surabaya, tidak asing lagi dengan salah satu olahan rujak ini karena sudah menjadi ciri khas dari Jawa Timur. Namun, di Surabaya terdapat beberapa penjual rujak cingur yang mempunyai keunikan tersendiri. Ingin tahu apa saja? Liputan6.com merangkumnya dari berbagai sumber:

1. Rujak Cingur Genteng Durasim

Dari banyaknya penjual rujak cingur, Rujak Cingur Genteng Durasim merupakan salah satu gerai yang terkenal di Surabaya.

Rujak Cingur Genteng Durasim memiliki keunikan, yaitu sudah berdiri sejak 1943. Resep dari rujak cingur di sini merupakan turun temurun dari pendahulunya. Tak heran jika Rujak Cingur Genteng Durasim ini masih digemari dan masih bertahan sampai sekarang.

Olahan Rujak Cingur Genteng Durasim ini berisikan kacang, petis atau olahan udang ebi, dan bumbu yang diwariskan secara turun-temurun. Kemudian daging cingur dari moncong sapi yang sudah direbus dan diracik disatukan dengan lontong dan beberapa sayuran seperti tauge, kangkung, dan kacang rebus. Selain itu, terdapat juga buah-buahan seperti pepaya, nanas, mentimun, dan yang lainnya.

Tak hanya itu, salah satu keunikan yang dimiliki oleh Rujak Cingur Genteng Durasim ini adalah cobek yang digunakannya tetap sama dengan yang digunakan saat kurang lebih 70 tahun lalu.

Tak hanya warga Surabaya saja yang datang ke tempat ini, tetapi wsatawan juga banyak yang berkunjung untuk mencoba rujak cingur yang legendaris di Surabaya ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini

2. Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini

Selain Rujak Cingur Genteng Durasim, di Surabaya terdapat warung rujak cingur yang tak kalah terkenal karena keunikannya, yaitu Rujak Cingur Bu Nur Aini

Rujak Cingur Bu Nur Aini ini merupakan warung yang menjual rujak cingur dan terletak 2,8 kilometer dari Bandara Juanda, tepatnya di Jalan Raya Sedati Gede Nomor 66.

Mengutip dari instagram pribadi Gubernur Jawa Timur, @khofifah.ip, warung Rujak Cingur Bu Nur Aini ini mempunyai keunikan tersendiri, yaitu cobek yang digunakannya berukuran sangat besar dan berbeda dengan cobek-cobek biasa.

Khofifah juga mengatakan dirinya sudah menjadi pelanggan di warung Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini ini. Jika sedang berada di Sidoarjo, tak ada salahnya Anda mencicipi makanan ini.

3. Rujak Cingur Joko Dolog

Rujak Cingur Joko Dolog merupakan salah satu warung rujak cingur yang berada di Surabaya. Warung ini dulunya ada di lapangan tenis Jalan Embong Sawo yang kemudian pindah ke Jalan Taman Apsari, Surabaya.

Rujak Cingur Joko Dolog mempunyai keunikan lain, yaitu penjualnya menggunakan banyak pisang kluthuk atau pisang batu sebagai campuran rujak cingur. Hal ini dikarenakan untuk menambah rasa sepat dan segar pada rujak cingur.

Mengutip dari instagram @amazingindonesiafood, warung Rujak Cingur Joko Dolog ini buka pada pukul 10.00 – 16.00 WIB. Harga per porsi untuk rujak cingur adalah Rp 24000 ribu. Selain rujak cingur, Anda juga dapat memesan Es Kolak di warung ini dengan harga Rp 10.000.

Bagi Anda pencinta kuliner, tak ada salahnya mencicipi salah satu rujak cingur unik yang ada di Surabaya ini.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.