Konsumsi BBM di Ruas Tol Ngawi Tertinggi pada Akhir Tahun, Ini Penyebabnya

Oleh Liputan Enam pada 08 Jan 2020, 19:30 WIB
Diperbarui 08 Jan 2020, 19:30 WIB
Ilustrasi SPBU
Perbesar
ilustrasi spbu

Liputan6.com, Surabaya Konsumsi BBM jenis gasoline meliputi, premium, pertalite, pertamax, dan pertamax turbo, di ruas tol Jawa Timur (Jatim) mengalami kenaikan rata-rata tiga persen selama libur Natal dan Tahun Baru 2020. Kenaikan tertinggi terdapat pada jenis pertalite dan pertamax yang mencapai lima persen.

“Kenaikan pertalite dan pertamax karena meningkatnya jumlah masyarakat yang memanfaatkan libur panjang untuk bepergian," ujar Rustam Aji, Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina MOR V di Surabaya, seperti yang dikutip dari Antara, Selasa (7/1/2020).

Pada hari biasa, rata-rata konsumsi BBM gasoline di Jatim sebanyak 13.640 kiloliter per hari, sedangkan pada libur akhir tahun kemarin menjadi 14.080 kiloliter per hari. Kenaikan konsumsi BBM tertinggi tercatat di SPBU sepanjang ruas tol Ngawi hingga Malang dan Probolinggo yang mencapai 59 persen.

Menurut Rustam Aji, jalur wisata menjadi salah satu titik tujuan pemudik maupun masyarakat selama masa Natal dan Tahun Baru 2020. Oleh karena itu, keandalan dalam mendistribusikan energi dan meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat menjadi salah satu fokus selama masa libur akhir tahun kemarin.

Pertamina mencatat tersambungnya tol Trans-Jawa, terutama yang mengarah ke tempat wisata seperti Malang, Banyuwangi, sampai Bali membuat rata-rata konsumsi BBM di SPBU sepanjang jalur itu mengalami peningkatan.

Meskipun demikian, terdapat produk BBM yang mengalami penurunan konsumsi pada masa itu. Produk gasoil yang meliputi, dexlite serta pertamina dex mengalami penurunan sebesar 12 persen dari konsumsi rata-rata normal harian.

“Hal ini karena berkurangnya operasional kendaraan besar seperti truk dan angkutan barang pada Natal dan Tahun Baru 2020,” ucapnya.