Sukses

Mobil Pemadam Kebakaran Canggih Ini Ada di Surabaya

Mobil pemadam kebakaran canggih di Indonesia ini hanya ada di Surabaya, Jawa Timur, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya dikenal sebagai kota metropolitan kedua di Indonesia setelah Jakarta. Dengan itu, siapa sangka jika Surabaya punya Mobil Bronto yang terkenal akan kecanggihannya yang berasal dari Finlandia. Surabaya pun satu-satunya daerah yang punya mobil tersebut.

Mobil Bronto adalah mobil untuk memadamkan api. Mobil ini dimiliki oleh Pemerintah Kota Surabaya. Mobil Bronto yang ada di Surabaya ini adalah satu-satunya yang ada di Indonesia.

Kota Pahlawan ini mempunyai empat jenis unit mobil Bronto, yaitu dua unit Bronto Skylift F104 HLA, satu unit Bronto Skylift F55 RLX, dan yang terbaru adalah satu unit Bronto Skylift F42 RLX.

Mobil Bronto Skylift 42 ini adalah mobil pemadam kebakaran yang baru saja didatangkan pada Desember 2019. Tak tanggung-tanggung 2 unit mobil Bronto Skylift 42 tiba di Surabaya. Surabaya menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang mempunyai mobil Bronto Skylift 42 ini.

"Di Indonesia, hanya ada di Surabaya mobil Bronto 42 ini," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya, Dedik Irianto saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (7/1/2020).

Mobil Bronto Skylift 42 ini mempunyai ukuran skylift yang lebih pendek, yaitu 42 meter. Sedangkan Bronto Skylift 55 mempunyai panjang 55 meter, dan Bronto Skylift 104 mempunyai panjang 104 meter.

Bronto 42 mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan Bronto 55 dan 104. Dedik menilai, mobil Bronto 42 ini lebih lincah.

"Mobil Bronto 42 ini lebih lincah, lebih canggih," kata dia.

Selain itu, mobil Bronto Skylift 42 ini juga bisa menembus medan yang tidak bisa dijangkau oleh mobil Bronto Skylift 55 dan 104 seperti perkampungan, ruko, dan lain-lain.

Kemudian mobil Bronto Skylift 42 ini dilengkapi dengan kamera termal. Dengan kamera termal, operasional (orang yang mengoperasikan) bisa melihat titik api di dalam kebakaran tersebut. Lalu, skyliftnya untuk mencapai puncak, dari titik  0 sampai ke 42, hanya membutuhkan waktu sekitar 2 menit.

Selain 2 unit mobil Bronto Skylift 42, Surabaya juga mempunyai satu unit mobil Bronto Skylift 55. Mobil Bronto Skylift 55 ini hadir di Surabaya pada tahun 2018. Mobil ini digunakan untuk memadamkan api di daerah yang sulit dijangkau oleh Bronto Skylift 104.

Kemudian, yang paling panjang skyliftnya adalah mobil Bronto 104. Mobil Bronto Skylift 104 ini biasa digunakan untuk memadamkan api dalam jangkauan yang lebih tinggi, seperti gedung tinggi. Mobil Bronto Skylift 104 ini adalah yang pertama hadir di Surabaya sekaligus di Indonesia.

"Bronto 104 efektif untuk gedung tinggi. Bronto 104 ini pernah menyelamatkan 3 nyawa pada kebakaran gudang di Margomulyo, Surabaya," kata Dedik.

Mobil Bronto ini selain untuk memadamkan api, juga mempunyai fungsi lain, yaitu untuk evakuasi korban kebakaran.

Mobil Bronto ini mempunyai jangkauan yang lebih tinggi, tetapi membutuhkan tempat yang luas untuk mengoperasikannya agar mobil tidak terguling.

Masing-masing mobil Bronto dioperasikan oleh orang-orang terlatih. Mobil Bronto juga sudah siap untuk diturunkan dan melayani masyarakat Surabaya.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Surabaya Punya Tim Walang Kadung

Sebelumnya, Surabaya, Jawa Timur tak hanya memiliki Suroboyo bus yang unik dengan membayar pakai sampah plastik. Surabaya juga memiliki Tim Walang Kadung. Apakah itu?

Mengutip laman instagram @surabaya, seperti ditulis Selasa, 9 Juli 2019, Tim Walang Kadung merupakan tim yang bisa blusukan dan mampu menerjang jalan dan gang sempit di Surabaya, Jawa Timur.

Tim Walang Kadung berasal dari pemadam kebakaran (Damkar) Kota Surabaya, Jawa Timur. Unit terbaru dari Damkar yang ramping mampu menerobos gang kecil dan pemukiman padat penduduk.

Unit ini merupakan pertolongan pertama saat terjadi kebakaran, terutama bila terjadi di pemukiman padat, sebelum alat pemadam yang lain datang.

"Selain itu, Tim Walang Kadung bakal sering berkeliling dan mapping di wilayah Surabaya,” seperti dikutip dari laman instagram tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.