Sukses

Wagub Emil: 1.800 Gardu Terdampak Angin Kencang

Wagub Jawa Timur, Emil Dardak menuturkan, ada lebih dari 1.800 gardu yang terdampak akibat angin kencang dan hujan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Dardak kunjungan kerja ke kantor PLN Jatim pada Senin pagi (6/1/2020). Kunjungan kerja ini seiring banyaknya laporan listrik padam.

"Saya ingin memberi semangat kepada tim PLN yang sejak semalam nonstop bekerja memulihkan listrik dan masih berlangsung sampai saat ini," ujar Emil Dardak, seperti dikutip dari instagram @emildardak.

Ia menulis, ada 78 listrik tegangan menengah di Sidoarjo, Jawa Timur yang tumbang akibat angin kencang. “Menurut general manager PLN Jatim, mudah-mudahan sore nanti titik-titik yang masih padam bisa pulih. Ada lebih dari 1.800 gardu yang terdampak dan sampai pagi ini 99 persen sudah pulih,” tulis Emil.

Emil Dardak mengatakan, pihaknya juga berkoordinasi terkait hal-hal strategis untuk ke depan seperti antisipasi banjir. Saat ini tidak ada gardu induk yang potensi terdampak banjir. Emil juga membahas mengenai rencana pengembangan sistem underground cable di wilayah metropolis atau sebagian Gerbang Kertasusila.

"Saya juga tadi menghubungi Bupati Sidoarjo, alhamdulilah beliau yakin bisa memastikan warga di dua desa yang sempat keberatan dipasang tiang listrik untuk bersedia demi kepentingan masyarakat luas," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Emil Imbau Warga Waspada

Sebelumnya, Emil mengajak masyarakat selalu mewaspadai dan berhati-hati ada hujan deras disertai angin kencang yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

“Selalu waspada di mana pun berada, terutama bagi pengendara di jalan. Waspada juga terhadap ranting-ranting dan batang pohon tumbang,” ujar dia.

Di Surabaya dan beberapa daerah lain pada Minggu sore memang dilanda hujan deras disertai angin kencang yang menyebabkan banyak pohon tumbang, termasuk sejumlah tiang listrik roboh.

Khusus di Kota Pahlawan, beberapa lokasi terdampak di antaranya kawasan MERR, Semolowaru, Rungkut Asri, Barata Jaya, Nginden, Gunung Anyar hingga Lakarsantri.

Hujan deras juga terjadi di sejumlah daerah lainnya, seperti di Gresik, Kediri dan Madura, bahkan Sidoarjo terdapat beberapa pohon tumbang serta tiang listrik roboh.

Emil Dardak yang meninjau lokasi pohon tumbang di Jalan Ahmad Yani Surabaya mengapresiasi petugas yang langsung melakukan pembersihan pohon dan jalanan yang terdampak.

Pada kesempatan itu, Emil menuturkan, Tim BPBD Jatim akan turut menuntaskan dalam membersihkan ruas jalan yang banyak pohon tumbang, terutama di jalan-jalan utama.

“Tindakan cepat dalam mengatasi bencana seperti ini harus dilakukan agar fasilitas umum masyarakat bisa berfungsi dan tidak terganggu,” tutur dia.

Saat mendampingi tim BPBD Jatim, Emil Dardak juga mengingatkan agar tim mengutamakan alat keamanan saat bekerja sekaligus memastikan para pekerja menggunakan helm, dan alat pemotong bisa bekerja dengan baik dan aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.