Sukses

Langkah Antisipasi BPBD Sidoarjo Waspadai Banjir di Wilayah Pesisir

Musim hujan borpetensi terjadi banjir di sejumlah wilayah, termasuk di wilayah pesisir Sidoarjo.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir, terutama di wilayah pesisir kabupaten setempat saat musim hujan seperti ini.

Kepala BPBD Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Dwidjo P. menjelaskan di wilayah pesisir itu potensi banjirnya tinggi dibandingkan dengan wilayah lainnya. "Wilayah-wilayah di pesisir timur Sidoarjo menjadi perhatian kami," katanya, Sabtu, 4 Januari 2020.

Ia menjelaskan, sebagai bentuk antisipasi pihak BPBD Sidoarjo juga membuka posko siaga di kantor BPBD Sidoarjo yang melibatkan berbagai relawan, dilansir dari Antara.

"Kami juga menyiapkan sarana dan prasarana perencanaan, melakukan koordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, melakukan monitoring cuaca dan menginformasikan kondisi cuaca setiap harinya," katanya.

Ia mengatakan, kecamatan-kecamatan yang ada di wilayah timur Sidoarjo. di antaranya Waru, Sedati, Gedangan, Buduran, Candi, Tanggulangin, Porong, dan Jabon. "Selain itu juga ada Kecamatan Taman, Krian, dan juga Balong Bendo," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Angin Kencang Landa Sidoarjo

Di Sidoarjo, lanjut Dwijo, pada beberapa waktu lalu juga sempat terjadi angin kencang melanda sejumlah desa di Kecamatan Tanggulangin.

"Kami bergerak cepat dengan memberikan bantuan kepada warga korban terdampak tersebut," katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur juga sudah mengeluarkan peringatan dini terkait dengan potensi angin kencang dan hujan deras.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan potensi angin kencang mungkin terjadi di sejumlah wilayah di Jawa Timur.

"Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk lebih waspada terhadap kemungkinan terjadi bencana alam," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.