VIDEO: Teror Ribuan Ulat Daun Serang Pohon di Probolinggo

Oleh Agustina Melani pada 03 Jan 2020, 23:30 WIB
Diperbarui 03 Jan 2020, 23:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan ulat daun menyerang pepohonan yang berada di perumahan di Probolinggo, Jawa Timur. Meski tidak sampai masuk ke rumah warga, namun serangan ulat tersebut, sempat meresahkan warga, karena merusak sejumlah tanaman lainnya. 

Sejak sepekan terakhir, warga di Perumahan Graha Buana Asri, Desa Tamansari Kecamatan Dringu, Probolinggo, dibuat resah dengan keberadaan ribuan ulat. Ulat-ulat ini, merayap di tanah bawah pepohonan tepi jalan, dan di ranting, serta dedaunan pohon.

Meski ulat yang menyerang pemukiman warga, bukan jenis ulat berbulu gatal, namun keberadaannya meresahkan warga karena khawatir masuk rumah, dan merusak sejumlah tanaman hias milik warga. Akibatnya, serangan ulat bulu, ratusan batang pohon nampak mengering karena daunnya rusak.

Menurut warga setempat, serangan ulat daun ini, sudah terjadi sebulan lalu dan terus bertambah banyak setiap harinya, hingga warga mulai resah. Warga berharap dinas terkait segera mengambil tindakan untuk membasmi ulat.

Serangan ribuan ulat secara masif memang kerap terjadi di Probolinggo, Jawa Timur, terutama saat pergantian musim seperti saat ini, bahkan beberapa tahun lalu empat kecamatan harus berjibaku dengan serangan ulat bulu. Demikian diberitakan pada Fokus, 1 Januari 2020.