VIDEO: Dinkes Jember Bagikan Alat Sanitasi untuk Putus Sebaran Virus Hepatitis A

Oleh Agustina Melani pada 03 Jan 2020, 12:23 WIB
Diperbarui 03 Jan 2020, 20:58 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Pasca ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB), upaya pencegahan berkembangnya virus hepatitis A, gencar dilakukan. Senin siang, petugas gabungan BPBD dan Dinas Kesehatan Jember, Jawa Timur menyisir di wilayah endemik merebaknya virus, dengan membagikan peralatan sanitasi kesehatan, serta menyuplai kebutuhan air bersih di warung makan pinggir jalan.

Tim Gabungan Dinas Kesehatan dan BPBD Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin siang, menyisir sejumlah wilayah yang menjadi pusat penyebaran virus hepatitis A.

Petugas menyisir deretan warung makan pinggir jalan di sekitar kompleks kampus perguruan tinggi, di antaranya Jalan Kalimantan, Jawa, Sumatera, dan Jalan Karimata.

Langkah ini dilakukan guna memutus rantai penyebaran virus hepatitis A yang dapat menular dengan cepat melalui makanan serta peralatan makan yang kurang terjaga kebersihannya.

Tak hanya memberikan edukasi, petugas juga membagikan brosur serta peralatan sanitasi kesehatan. Salah satunya adalah sabun cuci berbentuk gel ke seluruh warung di pinggir jalan. 

Sementara itu, Tim Logistik BPBD juga turut menyuplai kebutuhan air bersih bagi para pemilik warung, yang dibagikan secara cuma-cuma dalam wadah jerigen. Selain untuk kebutuhan memasak, air bersih itu juga bisa dimanfaatkan untuk mencuci piring ataupun peralatan makan lainnya, sehingga terjamin kebersihannya.

Di Jember, virus hepatitis A mewabah sejak 2 pekan terakhir hingga dinas kesehatan setempat menetapkan status KLB. Sejauh ini tercatat sudah ratusan warga yang sebagian besar berasal dari kalangan usia pelajar dan mahasiswa, terjangkit virus tersebut. Demikian seperti ditayangkan pada Fokus, 31 Desember 2019.