VIDEO: Angin Puting Beliung Robohkan 4 Rumah Warga di Wongsorejo

Oleh Agustina Melani pada 02 Jan 2020, 14:32 WIB
Diperbarui 02 Jan 2020, 14:33 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Angin puting beliung kembali melanda wilayah Banyuwangi, Jawa Timur. Kali ini wilayah Kecamatan Wongsorejo yang ada di Banyuwangi Utara yang terkena dampak cuaca buruk, di peralihan musim.

Tercatat ada empat rumah warga rusak berat akibat diterjang angin puting beliung, dan satu orang warga terluka karena tertimpa reruntuhan bangunan. Berikut kita simak videonya pada Fokus, 31 Desember 2019.

Empat rumah, dan satu kandang sapi di Dusun Krajan, Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi porak-poranda setelah diterjang angin puting beliung, Minggu siang.

Selain merusak empat rumah warga, satu orang warga dilaporkan terluka akibat terkena reruntuhan bangunan. Meski tak sampai menelan korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Peristiwa angin puting beliung terjadi secara tiba-tiba. Sebelumnya warga melihat adanya awan berwarna hitam pekat dari arah utara yang kemudian disusul dengan turunnya hujan deras. Bersamaan dengan hujan tersebut, angin puting beliung langsung menerjang rumah warga.

Atap-atap rumah warga seketika beterbangan ke udara. Satu pohon besar berumur puluhan tahun dilaporkan tumbang hingga memutus kabel listrik rumah warga.

Meski hanya berlangsung sekitar 5 menit, tapi angin puting beliung sempat membuat warga panik dan banyak yang berhamburan ke luar rumah menyelamatkan diri.

Pasca kejadian, warga dibantu Pihak Kepolisian langsung membersihkan reruntuhan. Warga masih trauma berada di dalam rumah, dan memilih berkumpul di luar rumah khawatir musibah serupa kembali terulang.

Sementara pihak BPBD, dan petugas PLN juga langsung tiba di lokasi kejadian untuk memperbaiki jaringan listrik yang terputus lantaran tertimpa pohon yang tumbang.