7 Tempat Wisata di Sumenep, Pesona Alamnya Menakjubkan

Oleh Nisa Mutia Sari pada 01 Jan 2020, 15:05 WIB
Diperbarui 01 Jan 2020, 15:05 WIB
Tempat Wisata di Sumenep
Perbesar
Gili Labak bukan di Pulau Lombok, melainkan di Pulau Madura. Jarak kota Surabaya dan Gili Labak, Sumenep, Madura.

Liputan6.com, Jakarta Menghabiskan waktu libur di Sumenep sepertinya menjadi sesuatu yang tidak terbayangkan. Hal ini dikarenakan belum banyak orang yang mengetahui tempat wisata di Sumenep. 

Sumenep merupakan sebuah kabupaten yang berada di Pulau Madura, Jawa Timur. Siapa yang menyangka Sumenep punya sejuta pesona serta tempat wisata yang luar biasa.

Ada banyak tempat wisata di Sumenep yang bisa dijadikan destinasi untuk menghabiskan waktu berlibur. Salah satu tempat wisata di Sumenep yang sangat dianjurkan untuk dinikmati adalah wisata alam.

Banyak pulau dengan pantai indah, serta perbukitan dengan hamparan pemandangan yang memesona bisa kamu temukan di Sumenep. Berikut tempat wisata di Sumenep yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/1/2020).

Gili Iyang

Tempat Wisata di Sumenep
Perbesar
Gili Iyang di Sumenep (sumber: sumenepkab)

Tempat wisata di Sumenep pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Gili Iyang. Gili Iyang merupakan pulau kecil yang terletak di antara gugusan pulau-pulau di sebelah timur Pulau Madura.

Tempat wisata ini digadang-gadang memiliki udara dengan kadar oksigen tertinggi. Tempat wisata di Sumenep ini menawarkan pantai pasir putih yang sangat panjang dengan air pantai yang sangat jernih dan tenang.

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan seperti berjemur di pinggir pantai, bermain air dan berenang, snorkeling, berkeliling di area pulau, berswafoto, hingga menikmati keindahan matahari terbenam.

Gili Labak

Tempat Wisata di Sumenep
Perbesar
Gili Labak pulau kecil di Madura (Liputan6.com / Musthofa Aldo)

Gili Labak merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah tenggara Pulau Puteran atau Pulau Madura. Masih terletak di Kabupaten Sumenep, wisata pantai Gili Labak tidak kalah menawan untuk dikunjungi.

Gili Labak memiliki garis pantai hampir di seluruh bagian sisi pulau. Seluruh area pantai ini benar-benar masih sangat bersih tanpa polusi. Begitu juga dengan air pantainya, yang terlihat sangat jernih dan berwarna bening kebiru-biruan.

Beberapa area pantai di gili ini masih memiliki kawasan terumbu karang yang sangat memukau. Area terumbu karang ini sangat cocok dimanfaatkan sebagai lokasi untuk melakukan aktivitas snorkeling.

Pulau Sapeken

Tempat Wisata di Sumenep
Perbesar
Pulau Sapeken, Madura. (blog.djarumbeasiswaplus.com)

Tempat wisata di Sumenep selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pulau Sapeken. Pulau Sapeken merupakan salah satu pulau terluar yang ada di Kepulauan Madura.

Pulau ini menawarkan daya tarik berupa kawasan terumbu karang yang sangat indah. Jadi, buat kamu penikmat alam bawah laut, Pulau Sapeken wajib kamu masukkan ke dalam daftar snorkeling.

 

Pulau Mamburit

Tempat Wisata di Sumenep
Perbesar
Ilustrasi Snorkeling. (Sumber Foto: girldiver.com)

Pulau Mamburit terkanal dengan keindahan pantainya. Pulai ini memiliki keindahan alam bawah laut yang tidak kalah seperti di Indonesia bagian Timur. Memiliki hamparan pasir putih, air laut yang jernih serta terumbu karang membuat suasana di pulau ini begitu asri.

Tak berbeda dengan deretan pulau di Sumenep lainnya. Di sini kamu juga bisa snorkeling untuk menikmati keindahan kehidupan bawah laut.

Pantai Ambuten

Tempat Wisata di Sumenep
Perbesar
Ilustrasi piknik di pantai (iStockphoto)

Tempat wisata di Sumenep lainnya adalah Pantai Ambuten. Pantai ini memiliki area dengan batu karang berongga, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi berfoto.

Berbeda dengan kebanyakan pantai di Sumenep yang memiliki pasir putih. Pantai Ambuten memiliki pasir berwarna coklat kemerahan.

Bukit Kapur Kombang

Tempat Wisata di Sumenep
Perbesar
Ilustrasi Bukit / Sumber: Pixabay

Tempat wisata di Sumenep Bukit Kapur Kombang menawarkan area bukit kapur yang berundak-undak membentuk tebing. Dulunya, kawasan ini merupakan area pertambangan.

Namun, karena sudah tidak produktif, maka dialih fungsikan dari kawasan kapur menjadi area pariwisata yang bisa dikunjungi. Tempat ini sangat cocok buat kamu yang suka berswafoto dengan latar belakang alam bebas yang indah.

Bukit Tinggi Daramista

Tempat Wisata di Sumenep
Perbesar
Bukit Tinggi Daramista, Madura. (kektapesarimadu.com)

Untuk menikmati keindahan alam Sumenep, kamu bisa coba berkunjung ke Bukit Tinggi Daramista. Tempat wisata di Sumenep ini memiliki udara yang sejuk, dengan pemandangan alam, dan berbagai macam spot foto yang memukau.

Selain itu, tempat wisata ini juga menawarkan berbagai macam fasilitas yang unik dan memukau. Mulai dari gubuk-gubuk kecil hingga kolam buatan. Lokasinya yang terletak di perbukitan, membuat pengunjung dapat menikmati keindahan alam Sumenep dari ketinggian.

 

Lanjutkan Membaca ↓