VIDEO: Pantai Tempursari Lumajang Ditutup karena Gelombang Tinggi

Oleh Agustina Melani pada 01 Jan 2020, 18:00 WIB
Diperbarui 01 Jan 2020, 18:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Pengunjung wisata pantai selatan TPI Tempursari, di Lumajang, Jawa Timur terpaksa dievakuasi keluar kawasan wisata, karena gelombang tinggi terus terjadi.

Bahkan, sejumlah wisatawan sempat dihempas gelombang saat mendekati bibir pantai. Pengelola kawasan wisata, terpaksa menutup sementara kunjungan wisatawan. Gelombang tinggi juga sempat menerjang 25 rumah dan 14 warung makan. Berikut tayangan videonya pada Liputan6, 30 Desember 2019.

Petugas BPBD Kabupaten Lumajang, bersama pengelola kawasan wisata pantai selatan TPI Tempursari, terpaksa meminta pengunjung untuk menjauhi bibir pantai. Hal ini karena gelombang tinggi yang berulang kali terjadi, sehingga mendekati bibir pantai.

Tidak hanya memperingati, petugas juga menyisir pantai, mereka meminta pengunjung segera meninggalkan lokasi wisata yang ramai dikunjungi saat libur sekolah ini. Sebagai antisipasi, pengelola terpaksa menutup kawasan pantai selatan TPI Tempursari.

"Gelombang tinggi itu bukan tontonan, tetapi kita perlu waspada, seberapa besar tinggi gelombangnya termasuk dampaknya berapa jauh," kata Siswanto, Petugas BPBD Lumajang.

Akibat gelombang tinggi, 25 rumah warga dan 14 warung makan di tepi pantai rusak parah. bahkan sebagian di antaranya hilang terseret ombak. Diperkirakan gelombang tinggi masih akan terjadi hingga satu minggu ke depan,