4 Wisata di Gresik untuk Habiskan Libur Tahun Baru

Oleh Liputan Enam pada 01 Jan 2020, 04:00 WIB
Diperbarui 01 Jan 2020, 04:00 WIB
Jarang Diketahui, Ini 5 Spot Wisata Menarik di Pulau Bawean
Perbesar
Jarang Diketahui, Ini 5 Spot Wisata Menarik di Pulau Bawean (sumber:Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang  belum punya rencana untuk menghabiskan libur tahun baru dan sedang mencari referensi kota atau tempat wisata untuk dikunjungi, Gresik menjadi salah satu kota yang  direkomendasikan untuk Anda.

Gresik merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Timur. Selain terkenal dengan kawasan industrinya, Gresik juga terkenal dengan wisata alamnya, terutama bukit kapur.

Tak hanya wisata alam batu kapur, Gresik juga mempunyai tempat wisata pantai dan hutan mangrove yang bisa jadi pilihan untuk wisata alam.  Berikut beberapa tempat wisata di Gresik yang cocok dijadikan sebagai referensi menghabiskan liburan tahun baru, seperti dikutip dari berbagai sumber, Rabu (1/1/2020):

1. Wagos (Wisata Alam Gosari)

Wisata Alam Gosari (Wagos) adalah salah satu tempat wisata batu kapur yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Gresik. Wagos berada di Desa Gosari, Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik. Wagos banyak dikunjungi oleh wisatawan karena bukit kapur ini memiliki pemandangan yang indah karena lekukan yang unik.

Tak hanya itu, Wagos Gresik juga menyediakan spot untuk berfoto yang unik dan instagramable antara lain replika bangunan telepon merah seperti yang ada di London, lorong yang terbuat dari kayu yang dicat berwarna orange dan hitam dengan tulisan Jepang.

Terdapat juga hamparan tanah yang berisikan kincir angin berwarna-warni, rumah-rumah kecil, dan masih banyak lagi. Spot-spot foto tersebut menarik pengunjung karena dinilai unik dan berbeda.

2 dari 4 halaman

2. Bukit Sekapuk

Bukit Kapur Sekapuk, Tempat Instagenic yang Tengah Tren di Gresik
Perbesar
Bukit Kapur Sekapuk, Tempat Instagenic yang Tengah Tren di Gresik

2. Bukit Sekapuk

Selain Wisata Alam Gosari, terdapat wisata alam kapur yang lainnya di Gresik, yaitu Bukit Kapur Sekapuk. Nama Bukit Kapur Sekapuk ini dipilih karena terletak di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik.

Bukit Kapur Sekapuk memiliki banyak spot foto yang unik seperti cerukan yang membentuk seperti danau dan di dalamnya terdapat danau-danau yang lebih kecil lagi.

Selain itu terdapat juga pemandangan bukit kapur dulu digunakan sebagai pertambangan batu kapur yang kemudian meninggalkan bentukan-bentukan yang sedemikian rupa. Tak hanya itu, ada juga rumah-rumah kecil yang menjadi spot favorit wisatawan.

Pemandangan yang kontras antara batu kapur dengan dedaunan dan bangunan berwarna-warni pun menarik perhatian setiap mata memandang.

3.Pantai Pulau Noko

Tak hanya wisata batu kapur, Gresik juga mempunyai wisata pantai yang tak kalah indah, yaitu Pantai Pulau Noko. Pantai Pulau Noko adalah salah satu pantai yang ada di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur.

Pantai Pulau Noko menjadi salah satu pantai yang sering dikunjungi wisatawan. Pantainya yang jernih dengan ombak tenang dan warna kebiruannya yang diterpa oleh sinar matahari, membuatnya terlihat eksotik.

Terdapat jalan menyerupai jembatan kayu ynag menjadi spot favorit untuk berfoto ketika berkunjung ke Pantai Pulau Noko ini. Semilir angin yang tenang membuat liburan tahun baru Anda menjadi menyenangkan.

3 dari 4 halaman

4. Banyuurip Mangrove

(Foto: Dok Disparbud Gresik)
Perbesar
Banyuurip Mangrove Center (Foto: Dok Disparbud Gresik)

4. Banyuurip Mangrove

Selain wisata alam batu kapur dan pantai, ada juga wisata hutan mangrove yang terkenal di Gresik, yaitu Banyuurip Mangrove. Wisata mangrove ini terletak di dusun Banyulegi, Desa Banyuurip, Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Banyuurip Mangrove mempunyai beberapa keunikan antara lain hutan mangrovenya dijadikan habitat oleh sekelompok burung bangau, dan pemandangan hutan mangrove yang lebat dan sejuk.

Terdapat jembatan kayu sekitar 250 m dengan tinggi satu meter di atas air. Terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk duduk-duduk santai.

Wisata Banyuurip Mangrove ini dibuka setiap hari jam 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Untuk masuk ke sini kita hanya merogoh kocek sebesar Rp 10 ribu. Tak ada salahnya Anda menghabiskan libur tahun baru dengan mengunjungi beberapa tempat wisata di atas.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓