VIDEO: Antusias Warga Lihat Gerhana Matahari Cincin di Jember dan Pasuruan

Oleh Agustina Melani pada 30 Des 2019, 12:50 WIB
Diperbarui 30 Des 2019, 13:59 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Momen Gerhana Matahari Cincin, tak disia-siakan pelajar dan anak-anak yang sedang menikmati liburan. Mereka melihat peristiwa gerhana Matahari menggunakan kacamata khusus di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, atau Lapan, Pasuruan.

Sedangkan di Jember, Komunitas Astronomi memberi edukasi kepada pelajar, sekaligus mengamati fenomena langka itu, menggunakan kotak filter sederhana.

Sebelum menyaksikan Gerhana Matahari Cincin, petugas Lapan di Watukosek, Kecamatan Gempol, Pasuruan membagikan kacamata khusus. Anak-anak ini tergabung dalam Komunitas Pecinta Astronomi yang berasal dari sejumlah kota di Jawa Timur. Secara kebetulan, fenomena Gerhana Matahari Cincin bersamaan dengan masa liburan Natal dan Tahun Baru.

Selain dengan kacamata khusus, pihak Lapan juga memberi kesempatan kepada anak-anak untuk menyaksikan Gerhana Matahari Cincin menggunakan teleskop. Berikut video liputannya pada Fokus, 27 Desember 2019.

Sementara di Jember, fenomena Gerhana Matahari Cincin, menjadi perhatian tersendiri bagi puluhan pelajar, dan anggota komunitas astronomi. Mereka berkumpul di Alun-Alun Kota, untuk mengamati fenomena langka itu secara langsung. Meski hanya menyaksikan fase Gerhana Matahari sebagian, atau parsial, namun detik-detik berlangsungnya fenomena ini tak sedikitpun luput dari pengamatan mereka, karena sekaligus untuk penelitian.

Terbatasnya jumlah teleskop membuat sebagian pelajar memanfaatkan solar box, atau kotak filter sederhana, agar dapat melakukan pengamatan Gerhana Matahari dengan aman.

Gerhana Matahari Cincin yang terjadi 26 Desember memang tidak bisa dilihat secara penuh di Jawa Timur. Namun demikian, antusiasme masyarakat melihat fenomena langka ini cukup besar.