Sukses

Kemenpora Yakin Surabaya Mampu Siapkan GBT untuk Piala Dunia U-20

Surabaya dinilai mampu tangani dengan baik gelaran Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali merasa yakin Pemerintah Kota Surabaya mampu mempersiapkan dengan baik Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) untuk gelaran Piala Dunia U-20 tahun 2021.

"Saya yakin komitmen dengan Pemkot Surabaya untuk menyelesaikannya sangatlah besar," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Jumat (27/12/2019).

Menurut dia, meski tahun depan terdapat penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Surabaya, namun diyakininya program tetap berjalan sesuai rencana, dilansir dari Antara.

Selain itu, Plt Ketua DPD Golkar Jatim tersebut optimistis Pemkot Surabaya dengan Pemprov Jatim bersama-sama mampu mempersiapkannya semaksimal mungkin, bahkan berlangsung sukses hingga penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

Menteri yang akrab disapa ZA itu juga mengusulkan opsi stadion di Sidoarjo (Gelora Delta Sidoarjo) dan Gresik (Joko Samudro) sebagai pendamping GBT, termasuk sarana latihan tim peserta Piala Dunia U-20.

"Stadion pendamping juga harus dipersiapkan, dan tentunya sesuai standar FIFA. Yang jelas, saya optimistis GBT tetap terpilih menjadi salah satu tempat gelaran Piala Dunia U-20 dua tahun mendatang," ucapnya di Surabaya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inpres Piala Dunia U-20

Saat ini, kata dia, Kemenpora sedang mematangkan pembentukan Instruksi Presiden (Inpres) dan Keputusan Presiden (Keppres) terkait gelaran Piala Dunia U-20 karena sangat dibutuhkan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur, serta pembentukan kepanitiaan dan pembagian kewenangan, seperti saat Asian Games 2018.

"Semisal, pembentukan timnas pada PSSI, pembangunan stadion pada Kementerian PUPR, serta keamanan pada kepolisian. Semoga awal tahun ini selesai semuanya,” kata mantan Ketua Komisi II DPR RI tersebut.

Di tempat sama, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengaku siap membantu kesuksesan Stadion GBT menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dan mendukung apapun yang diperlukan, termasuk perbaikan segala macam fasilitas stadion.

"Berdasarkan informasi yang kami terima telah ada penganggaran di APBD 2020, dan juga pengerjaan yang sedang berlangsung di Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) Surabaya. Semoga stadion di Jatim menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 mendatang," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.