Sukses

Pujian Ridwan Kamil untuk Taman Gandrung Terakota

Temukan alasan Ridwan Kamil terkesan dengan Taman Gandrung Banyuwangi

Liputan6.com, Surabaya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sudah memulai liburan akhir tahunnya di Banyuwangi. Setelah mendaki Gunung Ijen unuk melihat api biru di Kawah Ijen, ia berkunjung ke Taman Gandrung Terakota.  

Tempat ini terinspirasi dari Terracotta Warrior and Horses di Tiongkok, yang dibangun pada masa Kaisar Qin Shi Huang (259-210 SM). Ia bersama dengan keluarganya turun ke persawahan sampai ke bibir aliran kolam yang dihiasi dengan patung penari gandrung yang berjajar.

Taman Gandrung Terakota berada di kawasan Jiwa Jawa Resort. Situs budaya yang berisi ribuan patung penari gandrung ini untuk merawat dan meruwat tarian yang menjadi identitas kebudayaan Banyuwangi. Proses menuju seribu penari sedang dalam proses penyelesaian.

“Taman ini luar biasa, ditambah dengan fasilitas sanggar seni, galeri, kafe cokelat dan kopi, lengkap dan asyik,” ujar Ridwan Kamil seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (26/120/2019).

Ia juga terkesan dengan keberadaan galeri yang berada di kompleks itu. Beragam karya seni yang dipajang mengesankan kekhasan Banyuwangi.

Ia mengapresiasi keberadaan Taman Gandrung Terakota yang merupakan sinergi antara Sigit Pramono sebagai pemilik tempat, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, dan para pelaku seni.

“Semoga tempat ini menjadi inspirasi untuk daerah-daerah lainnya,” tutur Ridwan Kamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.