6 Hal yang Dapat Anda Lakukan Saat Libur Tahun Baru di Rumah

Oleh Liputan Enam pada 01 Jan 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 01 Jan 2020, 08:00 WIB
Property Rumah
Perbesar
Ilustrasi Foto Property Rumah (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Liburan tahun baru telah tiba. Sejumlah daftar destinasi wisata pun harus sudah disiapkan bagi Anda yang mempunyai rencana bepergian dan menghabiskan waktu liburan.

Surabaya, Jawa Timur memiliki banyak tempat wisata yang tersebar di seluruh wilayahnya. Dari mulai wisata alam, wisata buatan, wisata kuliner, sampai wisata religi ada di Surabaya. Banyak tempat wisata yang sedang ramai dikunjungi apalagi mendekati pergantian tahun seperti sekarang ini.

Namun, bagi warga Surabaya yang belum punya rencana untuk pergi liburan atau berencana menghabiskan waktu di rumah saja, Liputan6.com merangkum hal apa saja yang dapat Anda lakukan di rumah saat libur tahun baru.

Berikut sejumlah hal yang dapat Anda dan keluarga Anda lakukan ketika menghabiskan libur di rumah mengutip dari lifehack.org, Rabu (1/1/2020):

1.Karaoke Malam Hari

Jika Anda malas untuk bepergian, cobalah untuk merencanakan karaoke pada malam hari. Ini adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu sendiri ataupun bersama keluarga.

Tak hanya karaoke, bermain PlayStation juga bisa menjadi beberapa opsi untuk dipilih. Semua orang suka menyanyi, bahkan mereka yang mungkin tidak memiliki suara yang cukup bagus akan suka bernyanyi karaoke. Pilihlah lagu-lagu yang Anda sukai, dan menyanyilah.

Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menghabiskan waktu libur Anda dengan berkaraoke di rumah.

2. Menyusun Puzzle

Menyusun puzzle adalah cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama di rumah. Butuh waktu sampai berjam-jam untuk menghabiskan dan menemukan potongan puzzle yang tepat dan ditambahkan ke papan teka-teki.

Bagian yang terbaik dari permainan puzzle adalah ketika Anda melihat kepingan puzzle tersebut tersusun dengan rapi dan benar. Bermain puzzle tidak termasuk kegiatan yang biasa dilakukan pada malam hari, jadi sisihkan tempat agar teka-teki itu tidak terganggu.

Anda dapat menyimpan kepingan puzzle dan papannya saat Anda tidak mengerjakannya. Jika Anda memiliki meja yang tidak digunakan setiap hari, Anda dapat bermain puzzle meja tersebut dan menghabiskan waktu dengan menyusunnya.

2 dari 4 halaman

3.Membaca Buku

Ilustrasi Anak Membaca
Perbesar
Ilustrasi anak membaca. (dok. Pixabay.com/StockSnap/Putu Elmira)

3. Membaca Buku

Seni membaca dengan keras telah kehilangan popularitasnya.  Untuk menghabiskan waktu libur di rumah, Anda bisa memilih untuk membaca buku.

Pilihlah sebuah buku yang menurut Anda dan keluarga Anda bagus. Kemudian habiskan setiap malam minggu untuk membacakan cerita dalam buku itu dengan keras.

Membaca dengan keras dilakukan secara bergantian dengan keluarga Anda. Kemudian, buat obrolan-obrolan dan diskusikan tentang apa yang terjadi dalam alur cerita pada buku yang dibaca oleh masing-masing anggota keluarga. Hal ini bisa menjadikan keluarga Anda mempunyai klub buku sendiri.

4.Belajar Kaligrafi

Mempelajari teknik-teknik baru selalu menarik. Kaligrafi adalah jenis tulisan yang terkenal penulisannya menggunakan pena khusus.

Toko kerajinan dan department store memiliki kiat yang dirancang untuk membantu Anda dalam proses pembelajaran ini.

Tuliskan beberapa puisi atau beberapa kutipan favorit Anda dengan menggunakan teknik kaligrafi. Anda tidak pernah tahu, mungkin Anda bisa mendapatkan bakat dan dapat menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan.

3 dari 4 halaman

5.Membuat Buku Kenangan (Scrapbook/Memo)

Cara Membuat Scrapbook Sendiri
Perbesar
(sumber: istockphoto)

5.Membuat Buku Kenangan (Scrapbook/Memo)

Pilihlah bermacam-macam foto keluarga yang ada dan dalam acara yang berbeda. Kompilasi foto-foto ini digabungkan dan dikelompokkan.

Kemudian mulailah membuat lembaran-lembaran memo. Mungkin Anda bisa memfokuskan pada perjalanan menarik yang terjadi dalam keluarga Anda atau acara bermakna lainnya yang ingin Anda dokumentasikan.

Gagasan dan ide untuk membuat lembar/buku memo keluarga Anda tidak ada habisnya. Aplikasikan ini dan buatlah milik Anda sendiri; lagipula, ini adalah ceritamu!

6.Piknik Dalam Ruangan

Jika Anda malas untuk piknik dan bepergian ke luar rumah, Anda bisa melakukannya di dalam rumah dengan tema Piknik di Dalam Ruangan.

Siapkan tikar untuk piknik dan keranjang makanan yang diisi dengan santapan makan malam seolah-olah Anda sedang piknik.

Anda juga dapat mendekorasi tema piknik di dalam ruangan sesuai dengan keinginan diri Anda sendiri. Anda juga bisa memasak sebelum memulai piknik. Memasak makanan kesukaan Anda dan memakannya ketika piknik adalah kepuasan tersendiri.

Nah, Anda bisa mencoba hal-hal di atas di rumah.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓