Deretan Hal yang Sedot Perhatian di Surabaya Sepanjang 2019

Oleh Agustina MelaniDian Kurniawan pada 26 Des 2019, 13:30 WIB
Diperbarui 01 Jan 2020, 10:02 WIB
(Foto: Dok Pemkot Surabaya)

Liputan6.com, Jakarta - Melewati 2019 tinggal hitungan hari. Sejumlah peristiwa dan hal lainnya telah terjadi di seluruh daerah di Indonesia. Baik itu peristiwa, berita politik, hiburan, ekonomi, kesehatan, kriminal, budaya, wisata, sejarah dan lainnya telah menarik perhatian masyarakat.

Demikian juga salah satu daerah di Indonesia yaitu Surabaya, Jawa Timur. Kota Pahlawan ini sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia turut menarik perhatian publik.

Berbagai inovasi dan sejumlah kebijakan yang dilakukan menjadikan kota ini sebagai tempat belajar oleh pemerintah kota dan anggota DPRD lainnya di Indonesia bagaimana membuat masyarakatnya aman dan dilayani dengan baik.

Salah satu ketika anggota DPRD Jakarta pelajari aturan pengelolaan sampah di Surabaya. Pada 29 Juli 2019, anggota DPRD DKI Jakarta kunjungan kerja ke Surabaya. Pada pertemuan dengan anggota DPRD Jakarta, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) membeberkan pengelolaan sampah di Surabaya. Hal ini turut menarik perhatian anggota DPRD Jakarta bagaimana pemkot Surabaya mengelola sampah.

Meski demikian, tak hanya prestasi di Surabaya jadi sorotan. Kasus prostitusi terjadi di Surabaya juga menyita perhatian pembaca. Kasus Vanessa Angel sempat membuat heboh pada awal 2019. Hal ini usai Polda Jatim menguak dugaan kasus prostitusi online. Lima orang ditetapkan tersangka termasuk Vanessa Angel.

Terungkapnya kasus ini juga seperti membalikkan ingatan mengenai lokalisasi legendaris di Indonesia. Salah satunya Gang Dolly Surabaya. Walaupun bisnis prostitusi dihentikan di wilayah tersebut tetapi bisnis itu berlanjut dalam wujud prostitusi online. Jejak Kampung Dolly ini pun menyita perhatian pembaca di awal 2019.

Tak hanya itu, pada Agustus 2019, di Surabaya terjadi gesekan terkait asrama mahasiswa Papua. Kapolda Jawa Timur (Jatim), Irjen Pol Luki Hermawan pun menceritakan kronologi kejadian yang terjadi di Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan Surabaya. Hal tersebut juga membuat penasaran pembaca di Surabaya pada 2019.

Selanjutnya Bunga Tabebuya kembali mekar di Surabaya pada November juga menarik perhatian publik. Bagaimana tidak, Bunga Tabebuya yang tumbuh di jalan protocol di Surabaya tersebut membuat Surabaya seperti di Jepang. Potret tersebut terangkum dalam artikel  Bunga Tabebuya Mekar, Ini 7 Potret Surabaya yang serasa di Jepang.

Meski pun kanal Surabaya baru ada sejak Juli 2019 di Liputan6.com, ada sejumlah artikel peristiwa dan lainnya di Surabaya dan sekitar yang perlahan-lahan menyedot perhatian sejak awal 2019 di kanal regional.  Artikel tersebut pun masuk terpopuler berkaitan dengan Surabaya dan sekitarnya. Yuk apa saja artikel tersebut? Simak rangkumannya ditulis Kamis (26/12/2019):

2 of 14

Jejak Kampung Dolly dalam Bisnis Prostitusi Online di Surabaya

Kawasan Gang Dolly
Kawasan Gang Dolly Selepas Penertiban (Liputan6.com/Balgoraszky A. Marbun)

Berbicara soal lokalisasi prostitusi legendaris di Indonesia, pastilah nama Gang Dolly Surabaya disebut. Meski bisnis prostitusi di wilayah ini sudah dihentikan, tetapi bisnis tersebut berlanjut dalam wujud yang berbeda, yakni prostitusi online. 

Sebelum marak kasus prostitusi online yang menyeret sejumlah nama artis, sudah banyak ditemukan kasus-kasus prostitusi menggunakan kecanggihan teknologi dan media sosial di wilayah Surabaya. Apakah itu membuktikan jejak prostitusi Gang Dolly masih tersisa? 

Dolly atau Gang Dolly merupakan nama sebuah kawasan lokalisasi prostitusi yang terletak di daerah Jarak, Pasar Kembang, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Di kawasan lokalisasi ini, bak barang di toko, para wanita penghibur dipajang di dalam ruangan berdinding kaca mirip etalase.

Selengkapnya baca di sini

3 of 14

Keren, Surabaya Bakal Punya Alun-Alun Bawah Tanah

(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Kota Surabaya sebentar lagi bakal memiliki alun-alun bawah tanah yang berlokasi di tengah kota. Alun-alun itu akan menghubungkan kompleks Balai Pemuda (alun-alun barat) dengan Jalan Yos Sudarso di sisi timur, tepatnya lahan di persimpangan Jalan Pemuda.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, saat ini Pemkot Surabaya sedang mematangkan konsep untuk pengerjaan alun-alun di sisi sebelah timur. Alun-alun itu dibangun dua lantai ke bawah.

Lantai satu, akan dijadikan lokasi penjualan makanan tradisional dan produk-produk khas Surabaya. Sedangkan lantai dua akan menjadi tempat parkir kendaraan.

Selengkapnya baca di sini

4 of 14

TNI Gadungan Tipu Wanita hingga Menikah dan Punya Satu Anak

TNI Gadungan
Irwan diamankan Polrestabes Surabaya lantaran mengaku anggota TNI AL berpangkat Mayor dan menipu seorang wanita. (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)

Seorang wanita berinisial SM yang berdomisili di Dupak Masigit Surabaya, selama 4 tahun terlena dan tertipu oleh topeng Irwan Fajar Subaditya yang mengaku anggota TNI AL.

Komandan Polisi Militer Lantamal V Kolonel Laut (PM) Joko Tri Suhartono menuturkan, penangkapan TNI AL gadungan ini berawal dari laporan SM sendiri yang merasa diperdaya oleh seorang anggota TNI AL berpangkat Mayor atas nama Irwan Fajar Subaditya.

"Informasi warga sekitar Dupak Masigit yang merasa terganggu dengan keberadaan Irwan Fajar Subaditya yang dinilai agak congkak terhadap warga sekitarnya," kata Joko, Rabu, 6 Maret 2019.

Selengkapnya baca di sini

5 of 14

Cari Rian Subroto, Vanessa Angel Gelar Sayembara Berhadiah Umrah

Vanessa Angel
Vanessa Angel jalani sidang perdana di PN Surabaya, Rabu 24 April 2019

Ketua tim kuasa hukum Vanessa Angel, Abdul Malik, membuka sayembara untuk menemukan Rian Subroto, yang juga diduga sebagai penyewa jasa seks Vanessa Angel. Abdul Malik menyiapkan hadiah umrah bagi pemenangnya.

Malik mengatakan, pihaknya tidak akan hanya menunggu keseriusan polisi maupun kejaksaan untuk dapat mendatangkan Rian di persidangan. Namun, semua pengacara dalam kasus prostitusi online ini sepakat ikut proaktif membantu mencari keberadaan Rian yang hingga kini tidak jelas keberadaannya.

"Ya kita buat sayembara untuk kalangan umum. Kepada siapa saja yang dapat memberitahukan keberadaan Rian secara pasti, maka akan kita berikan hadiah umrah," tuturnya kepada Liputan6.com, Kamis, 25 April 2019.

Selengkapnya baca di sini

6 of 14

Gubernur Khofifah Luncurkan 3 Program untuk Generasi Milenial Jawa Timur

Gubernur Khofifah Luncurkan Program MJC, EJSC, dan Big Data
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meluncurkan program Millenial Job Center/MJC, East Java Super Coridor/EJSC, dan Big Data di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (27/05/2019) sore. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meluncurkan program Millenial Job Center (MJC), East Java Super Coridor (EJSC), dan Big Data di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin, 27 Mei 2019, sore. Peluncuran program tersebut dilakukan tepat sehari sebelum berakhirnya 99 hari pertama program kerja pemerintahan Gubernur Khofifah dan Wagub Emil.

Dalam sambutannya, Khofifah menyampaikan, bahwa MJC dan EJSC masuk dalam janji kampanye pada 99 hari kerja pertamanya. Dalam proses persiapannya, pihaknya mengaku telah melakukan uji coba di beberapa titik, sehingga tidak hanya kemampuan yang disiapkan, tetapi juga ekosistemnya.

"Persiapan ekosistem inilah yang harus dikoordinasikan dengan klien yang disebut dunia usaha dunia industri/dudi dan mentornya. Selain itu juga talentnya sendiri apakah anak-anak lulusan SMK/SMA atau S1," tutur gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Selengkapnya baca di sini

7 of 14

Kembali Dirawat, Wali Kota Risma Dipindahkan ke RSUD dr Soetomo Surabaya

Tri Rismaharini
Tri Rismaharini, sering disapa Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya untuk kedua kalinya pada periode 2016-2021.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, sekitar pukul 19.00 WIB, Selasa 25 Juni 2019, telah dipindahkan dari rumah sakit milik Pemkot Surabaya, RSUD dr Soewandhi ke rumah sakit Pemprov Jatim, RSUD dr Soetomo.

"Saya mohon maaf tidak membalas semua pertanyaan kawan-kawan wartawan, satu persatu, namun kabar jika Ibu dipindahkan itu benar, sekira pukul 19.00 lebih," turut Kabag Humas Pemkot Surabaya, M Fikser di halaman RSUD dr Soetomo Surabaya, Selasa, 25 Juni 2019.

Fikser menyampaikan bahwa dirinya belum bisa menjelaskan soal kenapa dan bagaimana penanganan Wali Kota Risma.

"Untuk konfirmasi lebih lanjut, kenapa dan penangannya seperti apa, kami besok akan melakukan presscon bersama dokter yang menangani," kata Fikser.

Selengkapnya baca di sini

8 of 14

DPRD DKI: Kami Tunggu Ibu Risma di Jakarta

(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerima Kunjungan Kerja (Kunker) dari Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Provinsi DKI Jakarta. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

DPRD DKI: Kami Tunggu Wali Kota Surabaya Risma di Jakarta

Jajaran di DPRD DKI Jakarta studi banding ke Surabaya, Jawa Timur. Studi banding itu bertujuan untuk menyelesaikan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengelolaan Sampah dengan konsep ITF (intermediate treatment facility).

Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta, Bestari Barus menilai, DKI Jakarta juga butuh sosok seperti Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma). Oleh karena itu, pihaknya berharap, pada Pilgub DKI Jakarta nanti bisa muncul sosok seperti Tri Rismaharini.

Besari menilai Risma sosok yang dekat dengan masyarakat sehingga mudah untuk memberitahukan mengenai programnya.

"Bu Risma bermasyarakat, dia dekat dengan rakyatnya. Sehingga pemimpin yang dekat dengan rakyat mudah mengkomunikasikan program," tutur Besari saat ditemui di Balai Kota Surabaya, Senin, 29 Juli 2019.

Selengkapnya baca di sini

9 of 14

Kapolda Jawa Timur Jelaskan Kronologi Insiden Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya

(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Kapolda Jawa Timur (Jatim), Irjen Pol Luki Hermawan (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Kapolda Jatim Jelaskan Kronologi Insiden Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya

Kapolda Jawa Timur (Jatim), Irjen Pol Luki Hermawan menceritakan, kronologi kejadian yang terjadi di asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan Surabaya pada akhir pekan ini. 

Kronologi tersebut disampaikan supaya video viral hoaks tentang kejadian tersebut yang saat ini masih bergulir di Papua, bisa terkonfirmasi dan warga Papua tidak termakan informasi yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya.  Luki menyampaikan,ada mobilisasi massa pada 15-16 Agustus 2019. Kemudian mobilisasi itu berlanjut pada 17 Agustus 2019.

"Jadi memang tanggal 16 itu, kami dari TNI dan Polri memang menjaga masyarakat, ormas dan yang lain untuk tidak masuk ke tempat asrama," tutur Luki mendampingi Gubernur Khofifah usai pertemuan dengan rombongan anggota DPR RI Dapil Papua di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu, 21 Agustus 2019.

Selengkapnya baca di sini

10 of 14

Kata-Kata BJ Habibie yang Menginspirasi

6 Potret Kebersamaan BJ Habibie dan Ainun, Dari Muda Hingga Akhir Hayat
6 Potret Kebersamaan BJ Habibie dan Ainun, Dari Muda Hingga Akhir Hayat (sumber: Brillio.net)

Kata-Kata BJ Habibie yang Menginspirasi

Kabar duka menyelimuti Indonesia pada September 2019. Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya BJ Habibie pada usia 83 tahun pada Rabu, 11 September 2019.

Sosok BJ Habibie dikenal sebagai seseorang yang cerdas. Ia pun senang berbagi ilmu untuk meraih kesuksesan terutama kepada generasi muda.

Tak hanya itu, BJ Habibie juga dinilai seseorang yang menginspirasi generasi muda di Indonesia terutama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Hal ini seperti disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Khofifah juga mengatakan, kalau karier cemerlang BJ Habibie memotivasi banyak anak muda Indonesia untuk berprestasi bagi kemajuan bangsa.

Semasa hidupnya BJ Habibie pun menyampaikan pesan-pesan atau kata-kata bijak yang dapat menjadi pengingat dan penyemangat seseorang dalam menjalani kehidupan.

Selengkapnya baca di sini

11 of 14

Potret Rumah Yuni Shara Mewah dan Instagramable

Gaya Yuni Shara yang Selalu Pakai Topi, Cantik dan Memesona
Kakak Krisdayanti ini pun sering disorot karena dinilai punya penampilan awet muda. Ia juga memiliki penampilan yang fashionable, Yuni pandai memadu padankan warna baju. (Liputan6.com/IG/@yunishara36)

Siapa yang tidak mengenal sosok Yuni Shara? Wanita asal Batu, Jawa Timur ini merupakan salah satu penyanyi yang berhasil mempertahankan kariernya di tengah banyaknya bintang muda yang bermunculan. Meski sudah jarang tampil di layar kaca, Yuni Shara masih banjir job untuk tampil di acara off air.

Tak hanya sukses di dunia entertaiment, kakak Krisdayanti ini juga terjun ke dunia bisnis. Seperti diketahui, Yuni Shara kini sudah memiliki setidaknya lima bisnis yang ia jalankan sejak beberapa tahun belakangan ini.

Salah satu bisnis yang dimiliki wanita kelahiran Batu, 3 Juni 1972 ini adalah tambang batu bara dan konstruksi yang menjual bahan pembuatan jalan. Maka tak heran jika kehidupan Yuni Shara tak jauh dari kata mewah.

 

Selengkapnya baca di sini

12 of 14

Bunga Tabebuya Mekar, Ini 7 Potret Surabaya yang Serasa di Jepang

Kota Surabaya kini lebih merona dengan adanya bunga Tabebuya.
Bunga Tabebuya (Sumber: Instagram/@surabayasparkling)

Kota Surabaya merona di sepanjang bulan November. Suasana kota pahlawan ini semakin indah, seiring mulai bermekarnya bunga Tabebuya yang berada di sepanjang ruas protokol. Bunga Tabebuya yang bermekaran di Surabaya ini memiliki aneka warna bukan hanya merah muda saja tapi ada putih dan kuning.

Bunga tersebut sangat mirip dengan bunga sakura di jalanan kota di Jepang. Seperti diketahui, Pemerintah Kota Surabaya menanam pohon Tabebuya di pinggir-pinggir jalan sejak 10 tahun lalu. Setiap tahun jumlahnya diperbanyak hingga kini sedikitnya 7.000 tanaman Tabebuya berdiri di sepanjang ruas protokol.

Panorama indah di Surabaya ini menarik perhatian masayrakat. Banyak orang yang mengabadikan mekarnya Bunga Tabebuya. Tak sedikit orang menyebut keindahan ini bak musim semi di Negeri Sakura.

Selengkapnya baca di sini

13 of 14

Kronologi Kecelakaan Putra Ketiga KH Hasyim Muzadi di Tol Pandaan-Malang

Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi I-III sepanjang 30,6 km.
Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi I-III sepanjang 30,6 km.

Kronologi Putra KH Hasyim Muzadi Meninggal Kecelakaan di Tol Pandaan-Malang

Jelang akhir tahun 2019, kabar duka menyelimuti keluarga Alm KH Hasyim Muzadi. Usai pelaksanaan peringatan 1.000 alm KH Hasyim Muzadi, putra ketiganya Hilman Wadji menyusul. Ini akibat kecelakaan yang dialami Hilman Wadji di Tol Pandaan-Malang pada Rabu dini hari 18 Desember 2019. Tepatnya di KM 63/A Tol Pandaan-Malang.

Kecelakaan itu melibatkan kendaraan Toyota Inova nomor polisi (nopol) N1261DX dan Truk Nisan nopol BK8006DV. Berdasarkan kronologi kepolisian, semula kendaraan Toyota Inova berjalan di lajur cepat dengan kecepatan sekitar 100 KM/jam dari arah Surabaya menuju ke Malang.

Sesampainya di TKP KM 63/A, pengemudi lelah dan mengantuk sehingga menabrak kendaraan truk Nisan yang berjalan di jalur lambat dari arah belakang sehingga mengakibatkan penumpang kendaraan Toyota Inova ada yang alami luka-luka dan meninggal dunia. Sebelumnya korban pun dibawa ke Rumah Sakit Lawang Medika. Namun, Hilman tutup usia. Sopir dan kernet truk dalam keadaan sehat.

 

Selengkapnya baca di sini

14 of 14

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓