Pemuda Lintas Agama Amankan Misa Natal di Jember

Oleh Liputan6.com pada 25 Des 2019, 23:23 WIB
Diperbarui 27 Des 2019, 19:13 WIB
Thomas Jeromin

Liputan6.com, Jakarta - Para pemuda lintas agama ikut serta menjaga perayaan Misa Natal di sejumlah gereja untuk membantu aparat kepolisian dan TNI mengamankan kegiatan ibadah umat Kristiani di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (25/12/2019).

Sejumlah wanita berhijab, lelaki berpeci, dan menggunakan pakaian tradisional yang tergabung dalam Komunitas Arek Kencong terlihat berada di antara aparat keamanan saat berlangsung Misa Natal Jemaat Gereja Santo Paulus Jalan Patok Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Kami sengaja datang ikut membantu pengamanan Misa Natal tanpa diminta sebagai bentuk solidaritas dari pemuda lintas agama di Jember yang memiliki anggota beragama Islam, Hindu, Kristen saling membantu mengamankan acara keagamaan," kata Koordinator Komunitas Arek Kencong Anton Budiono di Jember, dilansir dari Antara.

Meski beda agama ataupun keyakinan, lanjut dia, silaturahim tersebut sudah rutin dilakukan setiap umat beragama di Kabupaten Jember merayakan hari besar keagamaan.

"Kegiatan kami lakukan di beberapa gereja yang tersebar di sejumlah kecamatan di Jember yang bertujuan selain bentuk hormat-menghormati, juga untuk menjaga toleransi antarumat beragama demi persatuan bangsa," jelasnya.

 

2 dari 3 halaman

Hidup Damai

Pohon Natal Unik dari Ribuan Botol Plastik dan Kantong Plastik
Tiga pohon natal unik memanfaatkan botol dan kantong plastik bekas untuk perayaan natal 2019 di GKJW Jemaat Kedungkandang, Kota Malang (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Ia menjerangkan, kegiatan itu merupakan bentuk saling menghargai untuk membangkitkan semangat dan mewujudkan kehidupan yang penuh damai, serta menangkal isu- isu perpecahan antarumat beragama di Indonesia.

Toleransi antarumat beragama terasa kental pada perayaan umat Kristiani tersebut karena terlihat pemuda lintas agama yang hadir bersinergi menciptakan rasa aman dan nyaman umat ristiani di tengah menjalankan peribadatan Misa Natal di gereja.

Selain pemuda lintas agama, ribuan anggota Banser juga membantu aparat kepolisian dan TNI dalam mengamankan Misa Natal di gereja-gereja yang tersebar di Kabupaten Jember.

Sementara itu, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jember juga sudah menggelar patroli skala besar yang diikuti oleh 1 SST Gabungan Staf Polres Jember, 1 SST Sat Sabhara Polres Jember, 1 SST Sat Lantas Polres Jember, 1 SST Sat Reskrim, Sat Reskoba dan Sat Intelkam, 1 SST Sat Pol PP dan PMK, 1 Unit Provost dan Urkes 2 personel yang meninjau sejumlah gereja pada Selasa (24/12) sore.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓