Sukses

Bebas Jadi Hadiah Natal untuk Delapan Narapidana di Jawa Timur

Remisi Khusus menjadi reward untuk narapidana yang berkelakuan baik dan mengikuti pembinaan dengan baik.

Liputan6.com, Surabaya Direktorat Jenderal Kantor Wilayah Hukum dan HAM (Kanwilkumham) Jawa Timur memberikan remisi khusus (RK) kepada 388 orang narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP). Delapan di antaranya langsung bebas pada 25 Desember 2019.

“Pemberian RK Natal adalah bagian dari proses pembinaan yang kami lakukan,” ujar Pargiyono, seperti dikutip dari Antara, Rabu (25/12/2019).

Ia menuturkan selama pembinaan terdapat reward dan punishment. RK menjadi reward untuk narapidana yang berkelakuan baik dan mengikuti pembinaan dengan baik.

Remisi yang bersifat khusus ini hanya diberikan kepada narapidana kristiani. Pengurangan masa hukuman yang diterima bervariasi, mulai dari 15 sampai 60 hari.

Pargiyono mengungkapkan sebenarnya telah mengusulkan 433 narapidana agar mendapatkan RK Natal 2019.

“WBP yang belum menerima SK adalah mereka yang tersangkut aturan PP Nomor 99 Tahun 2012, karena membutuhkan ketelitian dalam memeriksa berkas-berkas yang menjadi syarat mendapatkan remisi,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.