Sambut Natal dan Tahun Baru, PMI Jember Siapkan Posko

Oleh Liputan6.com pada 25 Des 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 25 Des 2019, 16:15 WIB
Ilustrasi Natal

Liputan6.com, Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember, Jawa Timur, menyiagakan sejumlah posko selama libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Kami mendirikan sebanyak enam posko yang tersebar di beberapa titik selama libur Natal dan Tahun Baru," kata Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki di Jember, Jawa Timur, Selasa, 24 Desember 2019.

Selain Natal dan Tahun Baru, lanjut dia, posko tersebut juga digunakan sebagai posko kesiapsiagaan bencana di Kabupaten Jember, dilansir dari Antara.

"Posko induk dipusatkan di Markas PMI di Jalan Jawa yang berfungsi sebagai posko pengendali kesiapsiagaan bencana, Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," katanya.

Menurutnya posko kedua ditempatkan di Posko Garahan yang terletak di Jalan raya Jember- Banyuwangi untuk mendukung Pos Pengamanan Operasi Lilin Semeru Polres Jember.

 

2 dari 3 halaman

Posko Ketiga dan Selanjutnya

Pohon Natal Unik dari Ribuan Botol Plastik dan Kantong Plastik
Tiga pohon natal unik memanfaatkan botol dan kantong plastik bekas untuk perayaan natal 2019 di GKJW Jemaat Kedungkandang, Kota Malang (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Ketiga, posko medis di Klinik Pratama PMI di Jalan Brawijaya Jubung yang bersinergi dengan posko gabungan Polres Jember di Terminal Tawangalun dan pos Perempatan Mangli.

Keempat, posko medis disiagakan di dua titik Gereja Jawi Wetan dan Santo Yusup selama dua hari, kemudian posko mobile (bergerak) yang akan keliling setiap saat di lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan yang sedang menikmati liburan Natal dan Tahun Baru.

"Terakhir posko keenam di Unit Donor Darah Jalan Srikoyo Patrang yang bertugas untuk memastikan stok darah aman selama liburan Natal dan Tahun Baru," ujarnya.

Zaenal menjelaskan seluruh kekuatan PMI Jember dikerahkan seperti tim medis (dokter dan perawat PMI), ambulans, sarana penanggulangan bencana, armada pendukung dan sukarelawan PMI yang memiliki kompetensi dalam bidang PP, Wash, PSP, RFL, Dapur Umum, Assesment.

"Pengemudi juga kami siagakan penuh untuk menunjang selama kegiatan posko kesiapsiagaan bencana, Natal, dan Tahun Baru," katanya.

PMI Jember akan berkoordinasi dengan personel Polres Jember atau pihak terkait untuk kesiapsiagaan bencana, Natal dan Tahun Baru.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓