Persiapan BI Jember untuk Masa Liburan Natal dan Tahun Baru

Oleh Liputan Enam pada 24 Des 2019, 18:00 WIB
Diperbarui 24 Des 2019, 22:16 WIB
Persiapan Uang Tunai Bi

Liputan6.com, Surabaya Bank Indonesia (BI) Jember menyediakan uang kartal tunai sebesar Rp 1,464 triliun selama masa libur Natal dan Tahun Baru. Uang rupiah itu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Kabupaten Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.

“Kami memastikan ketersediaan uang rupiah menjelang Natal dan Tahun Baru ini cukup dari sisi jumlah dan denominasi,” ujar Hestu Wibowo, Kepala Kantor Perwakilan BI Jember seperti yang dikutip dari Antara, Selasa (23/12/2019).

Menurut Hestu, nilai itu sesuai dengan proyeksi kebutuhan uang rupiah tunai menjelang Natal dan Tahun Baru di wilayah Jember dan sekitarnya. Angka ini mengalami kenaikan sekitar Rp 107 miliar  ketimbang realisasi tahun lalu sebesar Rp 1,356 triliun.

Sampai saat ini, ia juga telah melakukan kegiatan kas keliling dan penukaran melalui loket yang terdapat di perbankan. BI Jember bersinergi dengan 34 perbankan untuk melayani penukaran uang dari masyarakat, antara lain, Bank Mandiri Jember, BNI Jember, BRI, dan Bank Pembangunan Daerah Jatim.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk menukar uang di lokasi penukaran resmi. Tujuannya, mencegah risiko uang palsu dan menjaga kualitas uang.

“Perhatikan ciri keaslian uang rupiah dengan 3D, dilihat, diraba, diterawang, dan merawat rupiah dengan 5 jangan, yakni jangan dilipat, jangan dicoret, jangan distapler, jangan diremas, dan jangan dibasahi,” kata Hestu.