VIDEO : Ruang Kelas Sebuah SDN Ambruk Terjadi Lagi di Jember

Oleh Switzy SabandarAgustina Melani pada 24 Des 2019, 11:11 WIB
Diperbarui 24 Des 2019, 12:21 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Kembali, sebuah bangunan SDN di Jember, Jawa Timur ambruk. Namun kali ini, ambruknya bangunan itu diduga karena kondisi bangunan yang rapuh, termakan usia. Meski tak sampai menimbulkan korban, puluhan siswa terpaksa belajar bergantian di ruang perpustakaan yang sempit.

Dua ruang kelas yang ambruk, yakni kelas V dan VI. Ruang kelas V ambruk hingga nyaris rata dengan tanah, Kamis 19 Desember lalu. Namun, beruntung musibah ambruknya bangunan SDN Selodakon 03, Kecamatan Tanggul, Jember Jawa Timur, terjadi di luar jam sekolah sehingga tak sampai memakan korban.

Sementara ruang kelas VI yang dibangun di sebelahnya juga  mengalami kerusakan, sehingga tak bisa digunakan untuk belajar. Ambruknya bangunan kelas diduga akibat termakan usia. Sejak dibangun 1977, sekolah ini baru direnovasi pada 2013.

Akibatnya, aktivitas belajar mengajar berlangsung tak seperti biasa. Dua ruang kelas yang rusak tak bisa digunakan, sehingga siswa kelas VI dan kelas V, terpaksa belajar di Ruang Perpustakaan yang sempit. Mereka bahkan harus belajar secara bergantian lantaran terbatasnya jumlah ruangan yang bisa dipergunakan sebagai kelas darurat. Berikut diberitakan pada Fokus, (23/12/2019).

Di Jember, insiden bangunan sekolah ambruk dengan berbagai penyebab, seringkali terjadi dalam beberapa waktu terakhir. Dalam kurun waktu satu bulan terakhir, sudah tiga kali terjadi insiden serupa, di lokasi berbeda.