VIDEO: Jelang Libur Nataru, Tujuan Favorit Pulau Bali dengan Moda Transportasi Darat

VIDEO: Jelang Libur Nataru, Tujuan Favorit Pulau Bali dengan Moda Transportasi Darat

Memasuki musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), belum terlihat lonjakan penumpang di Bandara Internasional Juanda, bahkan kondisinya cenderung sepi. Hal itu berbeda dengan suasana di Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi.

Ribuan orang yang memakai moda transportasi darat, terus bergerak menuju Bali, melalui kapal feri penyeberangan ke Pelabuhan Gilimanuk.

Hingga Minggu pagi, suasana di Terminal 1 Keberangkatan Bandara Juanda nampak seperti hari biasa. Tak terlihat adanya penumpukan penumpang, seperti tahun sebelumnya.

Seperti diprediksi sebelumnya oleh Otoritas Bandara, penurunan penumpang di pesawat, lebih dipengaruhi karena warga banyak beralih ke moda transportasi darat, memanfaatkan akses jalan Tol Trans Jawa yang telah selesai.

Rata-rata calon penumpang memanfaatkan momen libur Natal dan Tahun Baru untuk berlibur atau mudik ke kampung halaman. Tujuan liburan primadona, masih Pulau Bali, sedang pemudik adalah mereka yang berasal dari Papua maupun Flores. Berikut videonya pada Fokus, 23 Desember 2019.

Kondisi berbeda terjadi di Pelabuhan Ketapang-Banyuwangi, Jawa Timur. Hingga Minggu dini hari, halaman parkir pelabuhan penuh sesak dipadati bus pariwisata maupun mobil pribadi. Data pihak ASDP Ketapang, hingga hari kedua dibukanya posko libur Nataru, tercatat 30.634 orang menyeberang ke Bali.

Sementara itu untuk mobil pribadi, tercatat dalam sehari sekitar 2,814 unit yang menyeberang ke Pulau Bali. Mayoritas mobil pribadi berisi rombongan keluarga dari kota-kota besar seperti dari Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, hingga Malang.

Mereka memilih jalur darat, karena membawa keluarga besar, biaya yang dikeluarkan dianggap lebih murah dibanding naik pesawat.

Diprediksi, kepadatan kendaraan, maupun penumpang yang hendak ke Pulau Bali ini akan terus mengalir setiap harinya, sampai libur panjang usai.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 24 December 2019, 09:38 WIB

Video Terkait

Spotlights