6 Wisata Pemandian Air Panas di Jawa Timur, Cocok untuk Relaksasi

Oleh Nisa Mutia Sari pada 23 Des 2019, 17:40 WIB
Diperbarui 25 Des 2019, 14:13 WIB
Wisata Pemandian Air Panas di Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata pemandian air panas identik berada di kawasan wilayah Jawa Barat. Hal ini dikarenakan kawasan Jawa Barat identik dengan cuaca alam yang sejuk dan dingin. 

Untuk tempat wisata pemandian air panas di Jawa Timur, belum banyak orang yang mengetahui. Ternyata, ada beberapa tempat pemandian air panas di Jawa Timur yang bisa dijadikan sebagai alternatif liburan sekaligus relaksasi.

Layaknya kawasan di Jawa Barat, wilayah Jawa Timur juga memiliki nuansa yang dingin sehingga berkunjung ke tempat wisata pemandian air panas bisa dijadikan sebagai sarana untuk menghangatkan tubuh.

Kebanyakan tempat pemandian air panas mengandung belereng, karena berasal dari pegunungan. Bukan hanya sekedar menghangatkan, berendam di air panas belerang sekaligus mampu merasakan khasiatnya untuk kesehatan.

Berikut enam tempat wisata pemandian air panas di Jawa Timur yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (23/12/2019).

2 dari 7 halaman

Pemandian Air Panas Cangar, Batu

Wisata Pemandian Air Panas di Jawa Timur
Cangar / Sumber: Wikipedia

Tempat wisata pemandian air panas Cangar bisa kamu kunjungi ketika ke Batu, Malang. Pemandian air panas alami ini terletak persis di daerah lereng Gunung Welirang.

Wisata pemandian air panas ini mampu memberikan kesegaran karena airnya berasal dari mata air Gunung Welirang. Berada di ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut membuatnya terasa sejuk dan cukup nyaman.

Tersedia kolam-kolam dengan air panas siap pakai untuk berendam. Uniknya lagi, di pemandian ini kamu juga dapat melihat bermacam-macam fauna yang hidup liar di area Taman Hutan Rakyat R. Soerjo.

3 dari 7 halaman

Pemandian Air Panas Alami Songgoriti, Batu

Wisata Pemandian Air Panas di Jawa Timur
Ilustrasi Kolam Air Hangat / Sumber: Pixabay

Pemandian Air Panas Alami (PAPA) Songgoriti terletak di Jalan Raya Songgoriti No. 8C, Songgokerto, Batu, Jawa Timur. Dinamakan pemandian alami karena air di kolam yang ada di objek wisata ini berasal dari mata air yang terletak di bawah Candi Songgoriti.

Terdapat dua lokasi untuk berendam, yaitu kolam rendam dan kamar rendam. Kolam rendam lokasinya terbuka, terletak di bagian belakang setelah loket pembayaran.

Sedangkan bentuk kamar rendam berupa kamar mandi yang dilengkapi bathub. Bagi kamu yang memakai kamar ini, pastikan jangan menggunakannya lebih dari 30 menit. Hal ini dikarenakan hawa panas dan aroma belerang bisa mengakibatkan kamu mual serta pusing.

PAPA Songgoriti cocok dijadikan sebagai tempat terapi dan relaksasi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan sulfur yang tinggi. Kondisi ini dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

4 dari 7 halaman

Pemandian Air Panas Tiris, Probolinggo

Wisata Pemandian Air Panas di Jawa Timur
Ilustrasi Kolam Renang / Sumber: Pixabay

Wisata pemandian air panas Tiris terletak di Desa Tiris, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Wisata pemandian air panas Tiris merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan ketika berkunjung ke Probolinggo.

Hal ini dikarenakan wisata pemandian ini menggunakan sumber mata air alami, yang belum tersentuh modernisasi alam. Panas yang dihasilkan merupakan satu muara dengan aktivitas Gunung Bromo yang terletak di wilayah Probolinggo, Pasuruan, dan Malang.

Sambil menikmati hangatnya air, kamu juga dikelilingi rimbunnya pepohonan yang sangat asri. Potensi lain wisata air panas ini dipercaya dapat menjadi pengobatan beberapa penyakit seperti gatal-gatal, panu, dan lain sebagainya.

5 dari 7 halaman

Air Panas Gunung Kelud, Kediri

Wisata Pemandian Air Panas di Jawa Timur
Ilustrasi / Foto: Kementerian Pariwisata

Wisata pemandian air panas di Jawa Timur selanjutnya adalah air panas Gunung Kelud. Air panas yang keluar dari sumbernya di lubang kawah ini memiliki warna kuning kecokelatan.

Uap dari tempat pemandian ini membumbung di atas sungai karena suhu air sangat tinggi. Apabila kamu ingin mandi, ada kolam alami di pinggir sungai dengan air hangat karena sudah bercampur dengan air sungai yang panas dan dingin.

Kamu bisa berendam sepuasnya tanpa khawatir kepanansan. Mandi di tempat ini sekaligus akan menyehatkan, karena adanya kandungan belerang yang baik bagi kulit dan menyegarkan tubuh.

6 dari 7 halaman

The Onsen Resort, Batu

Wisata Pemandian Air Panas di Jawa Timur
(Dok. theonsenresort.com/http://theonsenresort.com/wp-content/uploads/2017/11/Gallery-10.jpg/Fairuz)

The Onsen Resort merupakan tempat menginap di kawasan Batu, Malang. Konsep penginapannya ala-ala Jepang. Ada beberapa vila yang dinamai berdasarkan kota-kota di Negeri Sakura.

Di sini, kamu bisa berendam air panas. Air onsen ala Malang ini berasal dari sumber air pegunungan di sekitar Candi Songgoriti yang mengandung belerang.

Punya suhu hingga 42 derajat celcius dan kaya akan mineral, sehingga dapat menghangatkan tubuh sekaligus menjaga kesehatan kulit dan menghilangkan pegal-pegal.

Apabila kamu tidak menginap di sini, namun kamu tetap bisa menikmati onsen. Karena terdapat onsen umum yang terdiri dari dua kolam terpisah untuk pria dan wanita yang masing-masing dapat menampung 20 orang.

7 dari 7 halaman

Pemandian Air Panas Pacet, Mojokerto

Wisata Pemandian Air Panas di Jawa Timur
Pemandian Air Panas Padusan / Sumber: disparpora.mojokertokab.go.id

Wisata pemandian air panas Pacet terletak di kaki Gunung Welirang. Air di tempat pemandian ini berwarna kekuningan karena banyak mengandung belerang atau sulfur.

Untuk kolam pemandian air panasnya ada beberapa dan memiliki tingkat kepanasan yang berbeda-beda. Salain itu, ada kolam renang dan taman untuk berswafoto.

Tidak hanya pemandian air panas saja yang menjadi daya tarik, melainkan ada fasilitas lain yang bisa dinikmati seperti outbond dan flying fox, arung jeram, camping ground, petualangan seru air soft gun, dan paint ball.

Lanjutkan Membaca ↓