VIDEO: Ular Kobra Masuk Rumah Warga di Jombang

Oleh Agustina Melani pada 23 Des 2019, 17:08 WIB
Diperbarui 23 Des 2019, 17:08 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Teror ular kobra, kembali terjadi di pemukiman warga, wilayah Desa Watugaluh, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Warga yang takut, memanggil pawang ular dan berhasil menangkap dua ekor ular kobra berukuran besar yang masuk ke rumah.

Begitu mendapatkan laporan adanya ular kobra, yang masuk ke pemukiman dan rumah warga, sejumlah perangkat desa dan petugas Satpol PP, Jombang, Jawa Timur langsung menangkap ular kobra di sebuah teras rumah milik warga di Desa Watugaluh, Kecamatan Diwek, Jombang, Jawa Timur.

Warga juga memanggil pawang ular yang biasa mencari ular kobra untuk melakukan evakuasi. Setelah membongkar persembunyian ular, pawang ular berhasil menangkap dua ekor ular kobra berdiameter 15 cm dengan panjang 1 meter.

Selain, bersembunyi di teras rumah warga, ular kobra tersebut juga ditemukan di kebun milik warga lainnya. Proses penangkapan ular dengan bisa mematikan ini, memancing warga untuk melihat langsung proses penangkapan. Menurut Sekretaris Desa setempat, ada beberapa titik pemukiman yang menjadi sarang ular. Namun, saat musim hujan, banyak ular mulai masuk pemukiman warga dan membuat warga ketakutan.”

Sementara itu, Rudi pawang ular mengatakan, ular kobra mulai masuk pemukiman warga berdasarkan dua faktor, yakni untuk mencari makan dan mencari sarang baru.

Rencananya, dua ekor ular kobra yang berhasil ditangkap akan ditangkarkan untuk kembali dilepas di alam bebas yang jauh dari pemukiman warga guna menjaga ekosistem. Demikian diberitakan pada Fokus, 20 Desember 2019.