6 Wisata Gratis di Malang, Cocok Untuk Liburan Natal dan Tahun Baru

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 21 Des 2019, 15:00 WIB
Diperbarui 21 Des 2019, 16:16 WIB
6 Wisata Gratis di Malang, Cocok Untuk Liburan Natal dan Tahun Baru

Liputan6.com, Jakarta Liburan Natal dan tahun baru merupakan salah satu kegiatan yang selalu dinanti banyak orang. Berlibur di akhir tahun menjadi salah satu cara untuk merefresh pikiran dan menenangkan jiwa.

Seperti melihat pemandangan alam, menghabiskan waktu bersama keluarga, pasangan atau teman-teman. Liburan Natal dan tahun baru tersebut dianggap jadi cara jitu untuk membuat pikiran kembali segar dan melepaskan diri dari hal yang bikin suntuk.

Tak perlu jauh-jauh liburan ke luar negeri, Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang indah. Salah satu provinsi yang bisa kamu kunjungi untuk berlibur adalah Jawa Timur. Setiap daerah di provinsi Jawa Timur terdapat banyak destinasi wisata menarik.

Salah satu daerah di Jawa Timur yang menyuguhkan berbagai wisata yaitu kota Malang. Kota yang berjulukan Kota Apel ini sudah dikenal sebagai surganya wisata. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah dan lain sebagainya

Namun liburan di Malang tak terlalu menguras kantong. Terdapat banyak destinasi wisata yang tidak memungut biaya alias gratis. Berikut wisata gratis di Malang, Jawa Timur yang cocok untuk liburan Natal dan Tahun Baru dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (21/12/2019).

2 dari 7 halaman

1. Taman Trunojoyo

Taman Trunojoyo
Taman Trunojoyo (Sumber: merdeka.com)

Taman Trunojoyo merupakan salah satu destinasi wisata gratis di Malang. Di sini kamu akan disuguhkan nuansa alam yang rindang dan masih asri.

Taman dipenuhi dengan pepohonan rindang dan disertai angin yang menyejukkan. Taman Trunojoyo sangat cocok untuk dijadikan liburan Natal dan tahun baru bersama keluarga. Taman ini juga menyuguhkan fasilitas bermain untuk anak seperti jungkat-jungkit dan ayunan.

3 dari 7 halaman

2. Alun-alun Kota Malang

Alun-alun Kota Malang
Alun-alun Kota Malang (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liburan ke Malang tak lengkap rasanya jika tidak sekaligus datang ke Alun-alun Kota Malang.Ada banyak hal yang bisa kamu eksplore di sana.

Alun-alun Malang menyediakan fasilitas bermain gratis bagi anak-anak. Selaing gratis, kamu juga akan disuguhi spot yang Instagramable.

4 dari 7 halaman

3. Taman Kunang-kunang

Taman Kunang-kunang
Ilustrasi Taman Kunang-kunang

Malang mempunyai beberapa taman kota yang indah, salah satunya Taman Kunang-kunang. Pada siang hari, taman akan terasa sangat rindang dan sejuk. Saat malam, keindahan lampu-lampu taman akan membuatmu takjub.

Sehingga taman ini disebut sebagai Taman Kunang-kunang. Terdapat banyak spot menarik yang bisa digunakan untuk mempercantik media sosialmu. Liburan Natal dan tahun barumu akan tak terlupakan.

5 dari 7 halaman

4. Heritage Kayutangan Malang

Heritage Kayutangan Malang
Heritage Kayutangan Malang (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Wisata ini cocok buat kamu yang suka dengan seni dan nuansa kuno zaman dulu. Heritage Kayoetangan Malang ini dipenuhi dengan ornamen-ornamen jadul dan rumah-rumah zaman dulu yang tertata rapi.

Jangan salah, tempat ini sangat hits di mata traveler Malang. Tak perlu menguras kantong, wisata ini bisa dikunjungi secara gratis.

6 dari 7 halaman

5. Candi Badut

Candi Badut, Malang
Candi Badut, Malang (sumber: iStockphoto)

Candi Badut merupakan salah satu wisata gratis di Malang. Candi ini terletak di Jalan Raya Candi, Dusun Karang Besuki, Malang.

Candi Badut sudah dibangun sejak ratusan tahun yang lalu. Meskipun begitu, Candi Badut ini masih terlihat asri dan terawat hingga kini. Kamu bisa menjadikan wisata ini untuk berlibur di akhir tahun.

7 dari 7 halaman

6. Pemandian Sumber Sirah

Pemandian Sumber Sirah
Mata Air Sumber Sirah, Malang. (shodiqin165/Instagram)

Pemandian Sumber Sirah merupakan sebuah kolam sumber mata air. Pemandian ini menyuguhkan pemandangan alam yang mengagumkan. Kamu bisa menyelam sambil menikmati keindahan ganggang hijau di dasar kolam.

Perjalanan menuju pemandian ini cukup susah. Terdapat tiga rute yang bisa kamu gunakan. Rute pertama berawal dari Kota Malang melewati Bululawang. Rute kedua lewat Kepanjen dan ketiga melalui Pasar Gondanglegi.

Lanjutkan Membaca ↓