VIDEO: Petani Bersama TNI dan Polisi Basmi Hama Tikus di Sawah

VIDEO: Petani Bersama TNI dan Polisi Basmi Hama Tikus di Sawah

Para petani di Ngawi, Jawa Timur, resah, karena tanaman padi di sawah mereka rusak diserang hama tikus. Akibatnya, padi yang baru ditanam, mati dan terancam gagal panen. Untuk menekan kerugian lebih besar, para petani padi bersama anggota TNI, Polri, berburu tikus meski dengan alat seadanya.

Hampir setiap hari, petani di Desa Munggut, dan Karangmalang, Kecamatan Padas, Ngawi, bersama anggota TNI Polri berburu tikus. Salah satunya dengan membakar sarang menggunakan gas LPG. Meski berhasil, namun cara ini dirasa kurang efektif. Sebab, masih banyak hewan pengerat ini lolos dan kabur.

Menurut petani, berbagai cara sudah mereka lakukan untuk membasmi hama tikus. Mulai dari meracun menggunakan rodentisida, hingga gropyokan atau menangkap tikus secara langsung.

Namun semua itu, sia-sia. Padi yang baru mereka tanam, rusak dimakan tikus. Akibatnya, petani menanam ulang padinya hingga 2 kali. Sehingga para petani merugi, karena harus mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan perawatan padi.

Untuk sementara, para petani terus membasmi dengan menyemburkan api ke lubang tikus. Sebab, cara ini dinilai lebih murah dan efisien, dibanding dengan cara meracun. Mereka juga berharap pemerintah desa setempat segera turun tangan, untuk mencari solusi penanganan hama tikus, agar tidak merugikan para petani. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 19 Desember 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 21 December 2019, 15:56 WIB

Video Terkait

Spotlights