VIDEO: Kisah Warga Poncokusumo Bernama Slamet Hari Natal

VIDEO: Kisah Warga Poncokusumo Bernama Slamet Hari Natal

Jelang Hari Raya Natal bagi umat Kristiani, ternyata ada yang memiliki nama unik, bernama Slamet Hari Natal. Hal itu tidak menjadikan pria di Kabupaten Malang, Jawa Timur ini menutup diri dan minder.

Justru sebaliknya, bapak tiga anak yang kerap disapa Slamet tersebut, dikenal sebagai sosok yang ramah, mudah bergaul, dan memiliki jiwa sosial tinggi. Berikut videonya pada Liputan6, 19 Desember 2019.

Tak banyak orang memiliki nama yang unik, dan bahkan terkesan aneh, seperti halnya nama yang dimiliki oleh pria warga Desa Wonomulyo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang mempunyai nama Slamet Hari Natal.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai tukang sampah ini, memang lahir pada 25 Desember 1962 silam. Slamet menuturkan, dirinya lahir di klinik, dan proses kelahiran dibantu tenaga medis, penganut nasrani. Karena lahir tepat 25 Desember, tenaga medis tersebut menyarankan memberi nama Slamet Hari Natal. Saran itu ternyata diterima oleh orangtua Slamet.

Teman sekolah, tetangga dan bahkan keluarga, tidak mempermasalahkan nama yang disandang Slamet ini. Karena nama merupakan pemberian orangtua yang harus dihormati dan hendaknya diambil sisi positifnya. Meski namanya identik dengan penganut nasrani, Slamet ternyata beragama Islam.

Dirinya bersyukur bisa membuktikan kerukunan bisa diwujudkan meski beda keyakinan. Sehari--hari Slamet bekerja sebagai tukang sampah, dengan penghasilan Rp 300 hingga Rp 400 ribu setiap bulan.

Setiap pagi, Slamet memungut sampah di sekitar pasar tradisional yang tak jauh dari rumahnya, di pemukiman warga, yang kemudian diantar ke tempat pembuangan akhir sampah. Ia juga tergolong orang yang ulet, pekerja keras, dan pantang menyerah. Bahkan dari hasil doa dan kerja kerasnya, salah satu putranya diterima menjadi tentara di satuan TNI Angkatan Darat.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 21 December 2019, 10:27 WIB

Video Terkait

Spotlights