Sukses

Damri Buka Rute Bus Jakarta-Surabaya, Berapa Harga Tiketnya?

Pembukaan rute baru ini untuk menyasar pelanggan pengguna bus yang bertujuan ke Surabaya, Jawa Timur antara lain kaum milenial, pekerja, pebisnis dan traveler.

Liputan6.com, Jakarta - Perum Damri membuka rute terbaru pada pertengahan Desember 2019. Damri membuka rute Jakarta-Surabaya.

Kepala Operasional Perum Damri, Suyanto menuturkan, pihaknya membuka rute baru ini karena ada Tol Trans Jawa. Pembukaan Tol Trans Jawa merupakan peluang Damri melayani pelanggan dari Jakarta ke Surabaya atau sebaliknya. Ia menambahkan, rute baru ini juga memberikan pilihan transportasi darat yang lebih terjangkau, aman dan nyaman.

Pembukaan rute baru ini untuk menyasar pelanggan pengguna bus yang bertujuan ke Surabaya, Jawa Timur antara lain kaum milenial, pekerja, pebisnis dan traveler.

"Rute Trans Jawa diresmikan pada 1 Desember 2019 dan mulai beroperasi 13 Desember 2019,” ujar dia saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, Jumat (20/12/2019).

Jalur rute Jakarta-Surabaya ini antara lain Pool Damri (Kemayoran)-Terminal Pulogebang-Tol Trans Jawa-Surabaya (Terminal Bungarasih).

"Untuk tempat check point dan tempat istirahat dari Jakarta yaitu KM 207 A dan 519 A dan dari Surabaya yaitu KM 519B dan 360B,” tutur dia.

Perum Damri menyediakan dua bus sebanyak unit. Jika ada potensi kenaikan penumpang, dapat ditambah sesuai kuota yaitu empat unit. Adapun frekuensi keberangkatan saat ini masih dua unit per hari antara lain dari Jakarta (Pool Damri Kemayoran dan Terminal Pulogebang), dan satu unit dari Surabaya (Terminal Bungurasih).

Berangkat dari Pool Damri Kemayoran pukul 17.00 WIB dan Terminal Pulo Gebang pada pukul 19.00 WIB. Untuk harga tiket ditetapkan Rp 280 ribu. Akan tetapi, saat ini masih tiket promo Rp 260 ribu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Damri dan Taksi Online Bakal Layani Penumpang Kertajati

Sebelumnya, seluruh penerbangan rute domestik dengan pesawat jet akan dialihkan dari Bandara Internasional Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Kertajati paling lambat 1 Juli 2019.

Menyusul hal itu, persiapan tengah dilakukan di Kertajati termasuk perihal transportasi publik dari dan ke bandara tersebut.

Saat ini sudah tersedia 11 perusahaan yang mengoperasikan transportasi publik dari dan ke Kertajati.

Berbagai insentif juga disiapkan mulai dari diskon tarif angkutan travel hingga gratis naik Damri. Damri memberikan pelayanan dari dan ke kertajati selama masa transisi dari 1 Juli 2019 hingga akhir Juli 2019.

VP of Corporate Communications PT Angkasa Pura II (Persero) Yado Yarismano mengatakan, sejumlah perusahaan transportasi darat sudah bekerja sama untuk menghadirkan kemudahan bagi masyarakat yang ingin menuju Kertajati.

“Saat ini sudah ada 11 perusahaan, terdiri dari 10 operator travel, Damri yang siap digunakan untuk mobilitas dari dan ke Kertajati.” kata dia, Rabu, 26 Juni 2019.

“Operator travel juga ada yang memberikan tarif khusus. Bagi travel yang memasang tarif Rp 125.000 per penumpang dari dan ke sejumlah tujuan, didiskon menjadi Rp 105.000. Selain itu, tersedia juga Damri gratis yang diberangkatkan dari Bandung menuju Kertajati dan sebaliknya,” tutur Yado Yarismano.

3 dari 3 halaman

Daftar Operator

Secara lengkap, berikut operator transportasi darat yang melayani rute dari dan ke Kertajati:

1. Damri: rute Bandung – Kertajati, Cirebon – Kertajati, Cikarang-Kertajati, Kuningan – Kertajati

2. CTU Shuttle: Bandung – Kertajati, Tasikmalaya-Kertajati.

3. Lintas Shuttle: Bandung – Kertajati, Tasikmalaya – Kertajati

4. ECA Shuttle: Cirebon – Kertajati, Kuningan – Kertajati, Indramayu – Kertajati

5. P. Trans: Purwakarta – Kertajati

6. Baraya: Bandung – Kertajati

7. Mekarsari: Majalengka – Kertajati

8. Ames: Sumedang – Kertajati, Majalengka – Kertajati

9. Budiman: Tasikmalaya – Kertajati

10. Bhinneka Shuttle: Bandung – Kertajati, Cirebon – Kertajati

11. BJT: Cirebon – Kertajati

Tersedianya beragam pilihan transportasi publik ini bertujuan untuk mendukung kelancaran penerbangan di Kertajati, selain tentunya memudahkan masyarakat.

“Kami berharap Kertajati dapat mudah diakses oleh masyarakat sehingga operasional penerbangan dan bandara pun dapat berjalan lancar,” ujar Yado Yarismano.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.